Dibawah ini merupakan contoh pembuatan PTK BAB III yaitu metode penelitian yang terdiri atas beberapa sub judul diantaranya :
1. Setting Penelitian
2. Subjek Penelitian
3. Variabel Penelitian
4. Rencana Tindakan
5. Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
6. Teknik Pengolahan dan Analisis Data
7. Indikator Kinerja
8. Jadwal Penelitian
BAB III
1. Setting Penelitian
2. Subjek Penelitian
3. Variabel Penelitian
4. Rencana Tindakan
5. Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
6. Teknik Pengolahan dan Analisis Data
7. Indikator Kinerja
8. Jadwal Penelitian
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini
dilaksanakan dengan mengambil lokasi di SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan
Rajadesa Kabupaten Ciamis. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas IV untuk
mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Alasan peneliti
memilih di SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis sebagai
tempat penelitian, dikarenakan letak sekolah yang strategis, lokasi yang
lumayan dekat dengan tempat tinggal peneliti, sehingga lebih efektif dan
efisien.
B.
Subjek
Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis jumlah
peserta didik kelas IV seluruhnya berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang
laki-laki dan 9 orang perempuan.
Sebagai bahan pertimbangan melaksanakan penelitian di kelas IV SD
Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis sebagai subjek
penelitian ini, karena peneliti sebagai tenaga pendidik memegang mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Sirnabaya dan kenal dengan guru kelas IV
sehingga mengetahui secara intensif kondisi dan perkembangan peserta didik.
Data peserta didik tersebut tertuang dalam tabel di bawah ini:
Tabel 3.1
Data Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya
NAIK KELAS
|
||||
NOMOR
|
NAMA SISWA
|
L
|
P
|
|
URT
|
INDUK
|
|||
1
|
131401001
|
ANDI HERMANTO
|
L
|
-
|
2
|
131401002
|
ARIN AGUSTIN
|
-
|
P
|
3
|
131401003
|
DEDE ARIS
|
L
|
-
|
4
|
131401004
|
AULIA RAHMAWATI
|
-
|
P
|
5
|
131401005
|
CITRA KIRANA
|
-
|
P
|
6
|
131401006
|
DIKI DULKIPLI
|
L
|
-
|
7
|
131401007
|
HIMA JASANDA
|
-
|
P
|
8
|
131401008
|
HIZMI SINTA K
|
-
|
P
|
9
|
131401009
|
IRFAN MAULANA
|
L
|
-
|
10
|
131401010
|
LINA MARLINA
|
-
|
P
|
11
|
131401011
|
M. ABDUL PAJAR
|
L
|
-
|
12
|
131401012
|
M . RAVA PUTRA S
|
L
|
-
|
13
|
131401013
|
PERDI WIDIANTO
|
L
|
-
|
14
|
131401014
|
RIZIQ GHULAM H
|
L
|
-
|
15
|
131401015
|
SELVI SUKMARETNAWATI
|
-
|
P
|
16
|
131401016
|
ZIYATUL MULYANTI
|
-
|
P
|
17
|
131401017
|
DONI MUHAMAD HUSEN
|
L
|
-
|
Jumlah
|
9
|
8
|
C.
Variabel Penelitian
Dalam
penelitian tindakan kelas ini setidaknya ada tiga variabel yang diselidiki,
yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel out put.
1.
Variabel Input
Variabel input dalam penelitian tindakan kelas
adalah kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik selama mengikuti proses belajar mengajar berlangsung di kelas IV SD
Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.
2.
Variabel Proses
Variabel
proses dari Penelitian Tindakan Kelas adalah:
a.
Meningkatnya hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Kisah Para Nabi dan Rasul dengan
pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kelas IV SD Negeri 1
Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.
b.
Kemampuan guru dengan pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
di kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.
3.
Variabel Out Put
Variabel out put dari penelitian
tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata
Pendidikan Agama Islam dan guru menguasai pemanfaatan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri 1
Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.
D.
Rencana
Tindakan
Untuk
menyusun desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, peneliti menggunakan model
penelitian Kurt Lewin (Arikunto, 2007: 16).
Adapun
bagan dari model pembelajaran Kurt Lewin sebagai berikut:
![]() |
Gambar 3.1
Komponen Siklus Model Kurt Lewin (Arikunto,
2007: 16)
1. Perencanaan Tindakan (Planning)
Dalam tahap ini
peneliti menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, dimana, oleh siapa, dan
bagaimana tindakan tersebut dilakukan. Penelitian tindakan yang ideal
sebetulnya dilakukan secara berpasangan antara pihak yang melakukan tindakan
dan pihak yang mengamati proses jalannya tindakan. Istilah untuk cara ini
adalah penelitian kolaborasi. Cara ini dikatakan ideal karena adanya upaya
untuk mengurangi unsur subjektivitas pengamat serta mutu kecermatan yang
dilakukan (Arikunto, 2007: 17).
Pada tahap perencanaan, peneliti menentukan
indikator pembelajaran yang akan dicapai beserta tolak ukur keberhasilan
penelitian yang akan dilakukan mulai dari materi atau bahan ajar, rencana
pengajaran yang meliputi media/metode, penggunaan media pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) serta instrumen yang dipersiapkan dengan matang
(Mulyati, 2012: 23).
2. Pelaksanaan
Tindakan (Acting)
Tahap ke-2 dari penelitian tindakan
adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi atau penerapan isi rancangan,
yaitu mengenai tindakan di kelas. Hal yang perlu diingat adalah bahwa dalam
tahap ke-2 ini pelaksana guru harus ingat dan berusaha menaati apa yang sudah
dirumuskan dalam rancangan, tetapi harus pula berlaku wajar/tidak dibuat-buat.
Dalam refleksi, keterkaitan antara pelaksanaan dengan perencanaan perlu
diperhatikan secara seksama agar sinkron dengan maksud semula (Arikunto, 2007:
18).
3. Pengamatan (Observing)
Tahap ke-3
yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamatan yang dilakukan oleh
pengamat. Sebetulnya sedikit kurang tepat kalau pelaksanaan tindakan karena
seharusnya pengamatan dilakukan pada waktu tindakan sedang dilakukan (Arikunto,
2007: 19).
Observasi
(pengamatan) dilakukan selama proses pembelajaran, yang diamati adalah proses
pembelajaran. Observasi pada tindakan ini berfungsi untuk mendokumentasikan
hal-hal yang terjadi selama tindakan dalam penelitian. (Mulyati, 2012: 24).
4. Refleksi (Reflecting)
Tahap ke-4
merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan.
Kegiatan refleksi ini sangat tepat dilakukan ketika guru pelaksana sudah
selesai melakukan tindakan, kemudian berhadapan dengan peneliti untuk
mendiskusikan implementasi rancangan tindakan.
Refleksi
adalah mengingat dan menanyakan kembali suatu tindakan yang telah dilakukan sesuai
dengan hasil observasi, guna memperoleh gambaran tentang hasil tindakan di
kelas. Tindakan ini dilakukan dalam bentuk siklus, dan dilakukan tidak hanya
satu kali tindakan saja tetapi beberapa siklus (putaran) tersebut secara
berulangulang sampai masalah yang dihadapi terpecahkan. (Mulyati, 2012: 24).
E.
Teknik dan
Instrumen Pengumpulan Data
1. Teknik Pengumpulan Data
Dalam
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, peneliti tidak hanya melakukan satu teknik
pengumpulan data saja. Namun peneliti menggunakan beberapa teknik dalam
pengumpulan data, yaitu:
a.
Teknik Observasi
Observasi
adalah kegiatan pengamatan (pengambilan data) untuk memotret seberapa jauh efek
tindakan telah mencapai sasaran. Efek dari suatu intervensi (action) terus dimonitor secara
reflektif (Arikunto, 2007: 127).
Kegiatan
observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan
lembar observasi yang dibuat untuk digunakan sebagai perangkat pengumpul data,
mengamati aktivitas guru dalam pembelajaran, dan catatan lapangan. Adapun
hal-hal yang diobservasi adalah:
1)
Observasi terhadap rencana pembelajaran
2)
Observasi terhadap proses pembelajaran
b.
Teknik wawancara
Wawancara
adalah percakapan dengan maksud tertentu. Percakapan itu dilakukan oleh dua
pihak, yaitu pewawancara (interviewer) yang mengajukan pertanyaan
dan yang diwawancarai (interviewee) yang memberikan jawaban
atas pertanyaan itu (Hadi dan Haryono, 2005 : 127). Maka untuk
mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri
1 Sirnabaya, penulis melakukan wawancara pada wali kelas IV SD Negeri 1
Sirnabaya pada tanggal 08 Maret 2017.
c.
Teknik Tes
Tes merupakan suatu metode
untuk mengukur tingkat kinerja individu yang dimaksudkan untuk mendapatkan
jawaban sebagai dasar untuk penetapan skor angka. Pemanfaatan metode ini lebih efisien dan
lebih sederhana, terutama bila digunakan dalam penilaian hasil tes siswa (Hadi dan Haryono,
2005: 139).
Data yang diperoleh
dari hasil tes, yaitu tes lisan yang dilakukan oleh masing-masing siswa pada
akhir pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Kisah Para Nabi dan Rasul.
d.
Analisis Deskriptif
Teknik ini
digunakan untuk menjelaskan seluruh rangkaian penelitian pada saat sebelum, selama, maupun pasca tindakan pembelajaran dilaksanakan, begitu juga
dengan daur dan hasil penelitian.
2.
Instrumen Pengumpulan Data
Untuk
menghasilkan data-data dalam penelitian ini maka dibuat instrumen pengamatan
(observasi) pada:
a.
Penilaian kinerja guru menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan ketentuan sebagai berikut:
Tabel
3.2
Instrumen
Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Skor
|
Deskripsi
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1
|
Aspek Kurikulum Berorientasi pada KTSP
1.1 Standar Kompetensi: Menceritakan Kisah
Nabi.
|
||||||
1.2 Kompetensi Dasar:
Ø Menceritakan Kisah Nabi Ibrahim AS.
|
|||||||
1.3 Indikator:
Ø Menjelaskan
Kisah Nabi Ibrahimdengan orang tuanya.
|
|||||||
Ø
Menceritakan kisah nabi Ibrahim dengan raja Namrud
|
|||||||
Ø Menjelaskan
Kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian.
|
|||||||
Ø Meneladani
perilaku sabar dan keteguhan hati nabi Ibrahim.
|
|||||||
1.4 Materi Pokok:
Kisah
Nabi Adam AS
|
|||||||
Rata-rata nilai aspek
|
|||||||
2
|
Materi Pelajaran:
2.1
Sesuai dengan kompetensi
dasar dan indicator
|
||||||
2.2 Sususnan
sistematis
|
|||||||
2.3
Bahan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik
|
|||||||
2.4
Menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas
|
|||||||
Rata-rata nilai aspek
|
|||||||
3
|
Strategi pembelajaran:
3.1 Kesesuaian
media
pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan materi pembelajaran
|
||||||
3.2 Kesesuaian media
pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan langkah-langkah yang telah ada
|
|||||||
3.3 Kesesuaian
pengelolaan kelas dengan penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
|
|||||||
3.4 Kesesuaian pengelolaan kelas dengan perkembangan siswa.
|
|||||||
3.5 Kesesuaian alokasi waktu dengan pembelajaran dan media pembelajaran dengan memanfaatkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
|||||||
Rata-rata nilai aspek
|
|||||||
4
|
Pemilihan alat dan sumber:
4.1 Menggunakan lebih dari satu Sumber
|
||||||
4.2 Kesesuaian alat peraga dengan materi
|
|||||||
4.3 kesesuaian sumber dengan materi
|
|||||||
4.4
Mencantumkan alat/sumber sesuai dengan kompetensi
dasar, materi pokok, indikator dan media pembelajaran dengan memanfaatkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
|||||||
Rata-rata nilai aspek
|
|||||||
5
|
Evaluasi:
5.1
Mencantumkan bentuk evaluasi
|
||||||
5.2
Evaluasi sesuai dengan materi pembelajaran dan media pembelajaran dengan memanfaatkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
|||||||
5.3
Kejelasan alat evaluasi
|
|||||||
5.4 Mengukur aspek kognitif, apektif dan
psikomotor
|
|||||||
Rata-rata
nilai aspek
|
|||||||
Jumlah kemampuan guru
menyusun RPP
|
|||||||
Rata-rata
|
Keterangan:
A : Sangat baik (91-100)
B : Baik (75-90)
C : Cukup (60-74)
D : Kurang (40-59)
Catatan
Observer:
|
Rajadesa,
Mei 2017
Observer (Guru Kelas)
Yayat Suryatmi,A.Ma.Pd
b.
Lembar Observasi kinerja guru dalam
melaksanakan pembelajaran
Instrumen
ini berfungsi untuk mengobservasi kemampuan guru dalam melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan.
Tabel 3.3
Instrumen Proses
Pembelajaran
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Skor
|
Deskripsi
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
|||||
1
|
Kegiatan Awal
1.1 Guru memberikan apersepsi yang sesuai
dengan bahan ajar
|
|||||||
1.2 Guru
menyampaikan tujuan
Pembelajaran
|
||||||||
1.3
Guru memberikan petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi
pengajaran
|
||||||||
2
|
Kegiatan Inti
2.1 Fase Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
Ø Siswa menonton
tayangan Kisah Nabi Adam AS.
|
|||||||
Ø Siswa mengidentifikasi makna Kisah,Alur, dan Tokoh dalam Kisah Nabi Adam
AS.
|
||||||||
Ø Siswa menjelaskan makna Kisah,Alur,
dan Tokoh dalam Kisah Nabi Adam AS.
|
||||||||
2.2
Fase Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
Ø Peserta didik memahami alur cerita Kisah Nabi Adam AS
|
||||||||
Ø Tanya jawab tentang Kisah Nabi Adam AS yang
didengar.
|
||||||||
Ø
Peserta didik Mengungkapkan isi materi yang disimaknya.
|
||||||||
Ø
Peserta didik Menulis garis besar dari Kisah yang disimaknya.
|
||||||||
2.3 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
Ø Bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
|
||||||||
Ø
Bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
||||||||
3
|
Kegiatan Penutup:
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang:
Ø Alur,
Tokoh dan Kisah yang disimaknya
|
|||||||
Ø Kandungan materi dan gagasan yang terdapat dalam Kisah
yang disimaknya.
|
||||||||
Ø Siswa mendemonstrasikan Kisah secara garis
besar yang disimaknya.
|
||||||||
Jumlah nilai kemampuan
guru dalam mengajar
|
||||||||
Rata-rata
|
Keterangan:
A
: Sangat baik (91-100)
B
: Baik (75-90)
C
: Cukup (60-74)
D
: Kurang (40-59)
Catatan
Observer:
|
Rajadesa, Mei 2017
Observer (Guru
Kelas)
Yayat
Suryatmi,A.Ma.Pd.
c.
Daftar penilaian hasil belajar peserta
didik, dengan ketentuan sebagai berikut:
Tabel 3.4
Daftar Nilai Hasil
Belajar Peserta Didik
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai Tes
|
Nilai KKM
|
KET
|
1
|
ANDI HERMANTO
|
|||
2
|
ARIN AGUSTIN
|
|||
3
|
DEDE ARIS
|
|||
4
|
AULIA RAHMAWATI
|
|||
5
|
CITRA KIRANA
|
|||
6
|
DIKI DULKIPLI
|
|||
7
|
HIMA JASANDA
|
|||
8
|
HIZMI SINTA K
|
|||
9
|
IRFAN MAULANA
|
|||
10
|
LINA MARLINA
|
|||
11
|
M. ABDUL PAJAR
|
|||
12
|
M . RAVA PUTRA S
|
|||
13
|
PERDI WIDIANTO
|
|||
14
|
RIZIQ GHULAM H
|
|||
15
|
SELVI SUKMARETNAWATI
|
|||
16
|
ZIYATUL MULYANTI
|
|||
17
|
DONI MUHAMAD HUSEN
|
|||
Jumlah
|
||||
Rata-rata
|
||||
Jumlah Ketuntasan
|
Rajadesa , Mei
2017
Peneliti
Elva
Triana
NPM:
13.03.2858
\
F.
Teknik Pengolahan dan Analisis Data
Analisa data
yang digunakan adalah analisa data kualitatif, yaitu data berupa informasi
berbentuk kalimat yang memberi gambaran tentang ekspresi siswa tentang tingkat
pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), pandangan atau sikap siswa
terhadap metode belajar yang baru (afektif), aktivitas siswa mengikuti
pelajaran, perhatian, antusias dalam belajar, kepercayaan diri, motivasi
belajar (Arikunto, 2007: 131).
Menurut
Wina Sanjaya (2003:106-107) analisis data dalam PTK dapat dilakukan melalui
tiga tahap, yaitu :
1.
Reduksi
data, yakni kegiatan memilih data sesuai dengan fokus masalah.
Pada
tahap ini, guru atau peneliti mengumpulkan semua instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data kemudian diklasifikasikan berdasarkan fokus masalah.
2.
Mendeskripsikan
data sehingga data menjadi lebih bermakna. Mendeskripsikan data dapat dilakukan
dalam bentuk naratif, grafik, atau tabel.
3.
Membuat
kesimpulan berdasarkan deskripsi data
Tabel 3.5
Jenis, Teknik dan Alat Pengumpul Data
No
|
Jenis Data
|
Metode
|
Alat
|
1.
|
Perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dak
Komunikasi (TIK)
|
Observasi
|
Lembar
Pengamatan
|
2.
|
Proses pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dak
Komunikasi (TIK)
1.
Aktifitas atau
kinerja guru.
2. Aktifitas atau kinerja peserta didik.
|
Observasi
|
Lembar Pengamatan
|
3.
|
Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi
dak Komunikasi (TIK)s
|
Tes lisan
|
Lembar tes dan
instrumen penilaian
|
G.
Indikator
Kinerja
Dengan
dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, diharapkan adanya peningkatan
hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
materi Kisah Para Nabi dan Rasul dan adanya
peningkatan kemampuan guru dalam beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1.
Siswa
Semakin
efektifnya kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik, yaitu
sebagai berikut:
a.
Peserta didik mampu meningkatkan hasil belajar
terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Kisah Para Nabi
dan Rasul.
b.
Peserta didik mampu mengeluarkan pendapatnya
dengan berani dan penuh percaya diri.
c.
Peserta didik mampu belajar dengan baik dan
kooperatif.
2.
Guru
Diharapkan
guru mampu meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam:
a.
Guru mampu merancang perencanaan pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya
Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.
b.
Guru mampu melaksanakan proses pembelajaran
melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa
Kabupaten Ciamis.
c.
Guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Cimis pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Kisah Para Nabi dan Rasul.
H.
Jadwal Penelitian
Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai dari bulan
April sampai bulan Juni pada akhir
semester genap, tahun pelajaran 2016/2017 yang meliputi kegiatan perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Rincian kegiatannya adalah
seperti terlihat pada tabel berikut:
Tabel 3.6
Jadwal Penelitian
No
|
Kegiatan
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||||||||||||||||||
Minggu ke
|
Minggu ke
|
Minggu ke
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||||||
1.
|
Studi
pendahuluan dan orientasi
|
√√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
Identifikasi
dan analisis masalah
|
√√
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
Pembuatan
proposal penelitian
|
√
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
Pembutan
instrumen penelitian
|
√
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
Persiapan
pelaksanaan siklus
|
√
|
||||||||||||||||||||||
6.
|
Pelaksanaan
Siklus I Pertemuan Pertama
|
√
|
||||||||||||||||||||||
6.
|
Pelaksanaan
siklus I Pertemuan Kedua
|
√
|
||||||||||||||||||||||
7.
|
Pelaksanaan
siklus II Pertemuan Pertama
|
√
|
||||||||||||||||||||||
7.
|
Pelaksanaan
siklus II Pertemuan Kedua
|
√
|
||||||||||||||||||||||
8.
|
Penyusunan
draft laporan penelitian (Bahan skripsi)
|
√√
|
||||||||||||||||||||||
9.
|
Penulisan final
skripsi
|
√
|
||||||||||||||||||||||
10.
|
Penyerahan
skripsi untuk penyerahan sidang
|
√
|
||||||||||||||||||||||
11.
|
Perbaikan
skripsi
|
√
|
√
|
|||||||||||||||||||||
0 komentar:
Post a Comment