Wednesday, May 23, 2018

PTK BAB V Penutup Skripsi PAI

Bab V merupakan Bab Penutup yang merupakan tahap akhir dalam penulisa PTK dan hanya terdapat Dua sub judul yaitu Simpulan dan Saran
BAB V
PENUTUP

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil pengolahan data, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal berikut ini:
1.    Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah meningkat, berdasarkan penilaian yang dilakukan obsever penyusunan RPP dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 79,71 pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 82,16. Siklus II  pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 85,42 dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata mencapai 90,09.
2.    Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Dari  dua siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas ini, pelaksanaan pembelajaran semakin baik, hal ini dilihat berdasarkan penilaian observer pada pembelajaran siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 80,2 dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 87,2. Siklus II pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 84,2 dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 91,6.
3.     Hasil belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan hasilnya semakin meningkat. Hasil tes lisan peserta didik siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 71 pada perhitungan 8 orang yang tuntas dan 9 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, pertemuan kedua dengan nilai rata-rata nilai 74 pada perhitungan 10 orang yang tuntas dan 7 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan. Dan siklus II pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 78 pada perhitungan 13 orang yang tuntas dan 4 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 84 pada perhitungan 16 orang yang tuntas dan 1 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan.

B.       Saran – saran
Dengan memperhatikan kesimpulan yang telah dikemukakan diatas, terdapat beberapa hal yang selayaknya diperhatikan oleh pihak- pihak terkait sebagai saran dari penulis untuk masa yang akan datang yaitu:
1.    Kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi merupakan salah satu faktor penunjang yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu sebaiknya guru- guru mencoba memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembalajaran.
2.    Agar pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka sebaiknya semua siswa dapat mengikuti semua instruksi dari guru dalam proses pembelajaran.
3.    Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu sudah selayaknya guru harus terus menerus meningkatkan kemampuan terutama dibidang teknologi ditengah -tengah zaman yang semakin canggih, dengan menguasai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa disekolah.

0 komentar:

Post a Comment