Bab V merupakan Bab Penutup yang merupakan tahap akhir dalam penulisa PTK dan hanya terdapat Dua sub judul yaitu Simpulan dan Saran
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan
hasil pengolahan data, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal berikut
ini:
1.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) sudah meningkat, berdasarkan penilaian yang dilakukan obsever penyusunan
RPP dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari
hasil observasi siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 79,71
pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 82,16. Siklus II pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 85,42
dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata mencapai 90,09.
2.
Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
juga mengalami peningkatan. Dari dua
siklus yang telah dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas ini, pelaksanaan
pembelajaran semakin baik, hal ini dilihat berdasarkan penilaian observer pada
pembelajaran siklus I pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 80,2 dan
pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 87,2. Siklus II pertemuan pertama dengan
nilai rata-rata 84,2 dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 91,6.
3.
Hasil
belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga
mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah
dilakukan hasilnya semakin meningkat. Hasil tes lisan peserta didik siklus I
pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 71 pada perhitungan 8 orang yang
tuntas dan 9 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan, pertemuan
kedua dengan nilai rata-rata nilai 74 pada perhitungan 10 orang yang tuntas dan
7 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan. Dan siklus II
pertemuan pertama dengan nilai rata-rata 78 pada perhitungan 13 orang yang
tuntas dan 4 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan,
pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 84 pada perhitungan 16 orang yang tuntas
dan 1 orang yang belum tuntas dari nilai KKM yang telah ditentukan.
B.
Saran
– saran
Dengan
memperhatikan kesimpulan yang telah dikemukakan diatas, terdapat beberapa hal
yang selayaknya diperhatikan oleh pihak- pihak terkait sebagai saran dari
penulis untuk masa yang akan datang yaitu:
1. Kemampuan
guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang bervariasi merupakan salah satu
faktor penunjang yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu
sebaiknya guru- guru mencoba memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
sebagai media pembalajaran.
2. Agar
pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat mengoptimalkan hasil
belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka
sebaiknya semua siswa dapat mengikuti semua instruksi dari guru dalam proses
pembelajaran.
3. Dari
hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
pemanfaatan Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu sudah
selayaknya guru harus terus menerus meningkatkan kemampuan terutama dibidang
teknologi ditengah -tengah zaman yang semakin canggih, dengan menguasai
pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa disekolah.
0 komentar:
Post a Comment