Friday, May 27, 2016

MAKALAH STUDY TEKS PAI "ADAD DAN MA'DUD"

‘ADAD
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Study teks PAI 
Dosen Pengampu :
Pepe iswanto,M.Pd.I



Disusun oleh :
Elva Triana
Gina Hana Af’idah



FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID)
2016

 KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Study Teks PAI  ini dengan judul “ ‘ADAD”.

Ciamis , Mei 2016












 BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang masalah
Bahasa Arab adalah bahasa Islam, bahasa al-Qur’an, bahasa sunnah dan bahasa ilmu pengetahuan. Oleh karena itu mempelajari Bahasa Arab tujuannya adalh untuk dapat memahami Al-Qur’an dan as-Sunnah serta kitab-kitab pengetahuan yang berbahasa Arab secara baik dan benar.
Mempelajari Bahasa Arab tidaklah sama-sama seperti mempelajari bahas-bahasa lain seperti bahas Indonesia, bahasa Inggris dan sebagainya. Berbagai macam ilmu-ilmu yang dipelajari dalam Bahasa Arab. Akan tetapi yang menjadi dasarnya adalah diperlukan memahami tata bahasa Arabnya dahulu, yaitu mampu menguasai Ilmu Nahwu dan Sharaf sehingga memudahkan dalam mempelajari ilmu-ilmu yang lainnya.
Dalam makalah yang singkat ini penulis mencoba untuk menjabarkan ‘Adad sebagai salah satu objek kajian dalam Ilmu Bayan yang menjadi salah satu dari ketiga Ilmu Balagah atau lebih dikenal Semantik Arab.
B.     Rumusan Masalah
ü  Apa yang dimaksud dengan ‘Adad ?
ü  Bagaimana Menemukan adad dalam teks keagaaman ?
     C. Tujuan Masalah
ü  Untuk mengetahui pengertian ‘Adad
ü  Untuk menemukan adad dalam teks keagamaan





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian ‘Adad dan Ma’dud
Contoh : اشترى حامد فى الدكان خمسة اقلام و ثلاث مسطرات , artinya : Hamid belanja 5 polpen dan 3 penggaris di toko. Kalimat tersebut mengandung ‘Adad ma’dud, yaitu : kata خمسة dan ثلاث namanya : ‘Adad, sedangkan kata اقلام dan مسطرات namanya ma’dud. Jadi 'Adad adalah sesuatu yang menunjukkan bilangan, satu, dua, tiga dan seterusnya. Sedangkan Ma'dud adalah yang menunjukkan “sesuatu” yang terhitung. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Syauqi Dhaoyf , bahwa 'Adad adalah setiap kata benda atau kata sifat yang menunjukkan jumlah sesuatu, atau yang menunjukkan sebuah urutan.
Kaidah-Kaidah ‘Adad dan Ma’dud
Dalam pelajaran kaidah-kaidah 'Adad dan Ma'dud, biasanya 'Adad dibedakan kedalam beberapa bagian , yaitu 'Adad idhafah, 'Adad murokkab, 'Adad ‘Ataf ma’thuf, dan 'Adad ‘uqud. Adapun kaidah-kaidahnya sebagai berikut:
ü  'Adad Idhafah
Yang dimaksud 'Adad idhafah adalah bilangan yang dimulai dari angka 3 (tiga) - 10 (sepuluh). Jika 'adad –'adad tersebut disambungkan atau dimudhafkan dengan suatu isim, maka akan memiliki kaidah-kaidah tertentu, sebagai contohnya adalah sebagai berikut:
ثلاثة رجال , ثلاثة أقلام
ثلاث نساء , ثلاث أيد
Dari contoh pertama dan kedua tersebut bisa kita lihat, bahwa kedua 'Adad tersebut, yakni kata ثلاثة dan ثلاث dibentuk dengan jenis yang berbeda, contoh yang pertama menggunakan ta’ marbuthah ( mu’annast ),dan ma’dudnya berasal dari isim mudzakkar ( رجال , أقلام ), sedangkan contoh yang kedua tidak menggunakan ta’ marbuthah ( mudzakkar ), dan ma’dudnya berasal dari isim mu’annats ( نساء , أيد), selain itu ma'dud kedua contoh tersebut dalam bentuk jama’ , dan dibaca jer . Maka dapat kita simpulkan paling tidak ada tiga kaidah yang bisa kita ketahui, yaitu :
a. Antara 'adad dan ma'dud dalam 'adad idahafah selalu berlawanan dalam hal mudzakkar dan mu’annats
b. Ma'dud dalam 'adad idhafah harus selalu dibentuk menjadi isim jama’ dan selalu dibaca jer
c. Ketika melihat ma'dud apakah mudzakkar atau mu'annast , hendaklah dilihat ketika mufradnya, contoh kata جنيهات bukanlah mu'annast, tapi kita anggap mudzakkar, sebab mufradnya adalah جنيه , jadi bukan ثلاث جنيهات tapi yang benar adalah ثلاثة جنيهات .
d. Sedangkan untuk bilangan 1 ( satu ) dan 2 ( dua ), selamanya harus sesuai dengan ma’dud dalam hal mudzakkar dan mu’annats, contoh : رجل واحد , إمرأة واحدة , رجلان اثنان , إمراتان اثنتان. Jadi, untuk bilangan 1 (satu ) yakni واحد , mu'annastnya adalah واحدة , sedangkan bilangan 2 ( dua ), yakni اثنان untuk mudzakkar , dan اثنتان untuk mu'annats, dan keduanya jika harus dibaca rafa’ , sedangkan jika dibaca nasab dan jer , اثنين ( untuk mudzakkar ) dan اثنتين ( untuk mu'annast ).
ü  ‘Adad Murokkab
Adad murokkab dimulai dari bilangan 11 (sebelas) – 19 ( sembilanbelas ). Tarkib inipun memiliki aturan-aturannya sendiri, kita ikuti dulu contoh berikut ini :
مكثنا فى الإسكندرية أربعة عشر يوما وخمس عشرة ليلة
Kata أربعة عشر dan kata خمس عشرة tersusun dengan pola yang berbeda dalam hal mudzakkar dan mu’annastnya, padahal keduanya sama-sama masuk kategori ‘adad murokkab , hal ini karena masing-masing memilki ma’dud yg berbeda, yakni pola pertama ( يوما ) mudzakkar, sedangkan pola kedua ma’dudnya ( ليلة ) mu’annats . demikian juga terjadi pada puluhannya, yaitu عشر dan عشرة . Maka aturan-aturan itu bisa kita simpulkan sebagaiberikut :
a. Satuan selalu berlawanan dengan ma’dud, yakni jika ma’dudnya mudzakkar maka satuannya menggunakan ta’ marbuthah, sebaliknya jika, jika ma’dudnya mu’annasts, maka satuannya tanpa ta’ marbuthah.
b. Berdeda dengan satuannya, puluhan selalu sesuai dengan ma’dudnya dalam hal mudzakkar dan mu’annats .
c. Ma’dud selalu mufrod dan dibaca nasab , karena tamyiz .
ü  ‘Adad ‘Athaf Ma’thuf
Adad ini dimulai dari 21 (duapuluh satu) - 99 (sembilanpuluh sembilan), selain 20, 30, 40 - 90. contoh :
@ جاء تسع وتسعون تلميذة
@ عالج الطبيب خمسة وعشرين مريضا
Tidak berbeda dengan ‘adad yang sebelumnya, bahwa satuannya selalu bertentangan dengan ma’dud. Yang membedakan dengan ‘adad murokkab adalah terdapatnya واو العطف yang berada diantara satuan dan puluhan. Untuk puluhannya kita lihat contoh yang pertama dibaca rafa’, sedang contoh yang kedua dibaca nasab, ini karena puluhan tersebut i’rabnya mengikuti i’rab satuan. Artinya jika satuannya dibaca rafa’ , maka puluhan juga dibaca rafa’ , demikian juga jika satuannya di baca nasab / jer , maka puluhan juga dibaca nasab / jer . Jadi kaidah-kaidah yang bisa kita tarik adalah :
a. Sama seperti ‘adad sebelumnya, bahwa satuan selalu berlawanan dengan ma’dudnya dalam hal mudzakkar dan mu'annats
b. ‘I’rabnya “puluhan” senantiasa mengikuti “satuan” ( hukum athaf dan ma’thuf ), sedangkan ‘i’rabnya satuan tergantung kedudukannya dalam kalimat, artinya jika satuan tersebut menjadi fa’il misalnya, maka harus dibaca rafa’, jika menjadi maf’ul bih, maka harus dibaca nasab.
c.    Ma’dud senantiasa dibaca mufrad nasab.
ü   ‘Adad ‘Uqud
Adad ini berupa puluhan, mulai dari 20, 30, 40, 50 - 90. Sebelum kita lihat aturan-aturannya kita lihat dahulu contohnya :
@وواعدنا موسى ثلاثين ليلة
@فى القاعة عشرون طالب وثلاثون طالبة
Puluhan-puluhan yang ada dalam kedua contoh tersebut , dibaca berbeda, contoh yang pertama puluhan dibaca nasab , sedang contoh yang kedua puluhan dibaca rafa’, hal ini karena masing-masing puluhan tersebut menempati kedudukan yang berbeda dalam kalimat. Pada ma’dud kita lihat dalam bentuk mufrad dan dibaca nasab. Maka kaidahnya adalah :
a.    Pada puluhan berlaku hukum jama’ mudzakkar salim dalam hal ‘I’rabnya, yakni jika harus dibaca rafa’ , maka menggunakan tanda ون ( ثلاثون ), tapi jika harus dibaca nasab / jer, maka tandanya adalah ين ( ثلاثين ). Sedangkan cara menentukan i’rabnya, tergantung kedudukannya dalam kalimat.
b.     Ma’dud selamanya berupa isim mufrad dan dibaca nasab.
Dari kaidah-kaidah tersebut, kalau kita cermati sebenarnya aturan yang ada pada tarkib ini, pada dasarnya hanyalah seputar mudzakkar dan mu'annatsnya antara ‘adad dan ma’dudnya saja, selebihnya adalah aturan-aturan lain yang memang telah ada, misalnya tentang tamyiz yang ada pada ma’dud tarkib ‘adad murakkab dan athaf ma’thuf, tentang idhafah yang terdapat pada ‘adad idhafah, tentang waw athaf, yang terdapat pada tarkib ‘adad ‘athaf ma’thuf, dan tentang hukum jama’mudzakkar salim, yang terdapat pada tarkib ‘adad ‘athaf ma’thuf dan ‘adad ‘uqud.
Walaupun hanya tentang mudzakkar dan mu'annast, masih sangat terasa betapa banyak aturan yang ada yang terdapat dalam kaidah-kaidah tersebut . Kaidah-kaidah itu hanyalah sebagian dari kaidah-kaidah yang ada, karena sebenarnya masih banyak hal-hal yang belum disampaikan, misalnya tentang bagaimana mudzakkar dan mu'annastnya bilangan satu dan dua, bagaimana kalau ma’dudnya dua, dan terdiri dari mudzakkar dan mu'annast, dan sebaliknya, serta bilangan seratus, seribu dan seterusnya. Hal ini dari sisi pengajaran, tentu bisa menyebabkan kesan bagi siswa, bahwa bahasa Arab itu susah, apalagi jika disampaikan oleh guru yang kurang kompeten dibidangnya.
B.     Menemukan Adad Dalam Teks Keagamaan

-         وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ . لَا تُبْقِي وَلَا تَذَرُ . لَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِ . عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَ (المدثر: ۲٧-۳۰)

Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu?. Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).” (Al-Muddatstsir: 27-30)


-         إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (التوبة: ۳٦)
"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram". (At-Taubah: 36).












BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari uraian tersebut diatas  maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
'Adad adalah sesuatu yang menunjukkan bilangan, satu, dua, tiga dan seterusnya. Sedangkan Ma'dud adalah yang menunjukkan “sesuatu” yang terhitung. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Syauqi Dhaoyf , bahwa 'Adad adalah setiap kata benda atau kata sifat yang menunjukkan jumlah sesuatu, atau yang menunjukkan sebuah urutan.


B.     Saran
            Dari awal pengkajian materi makalah ini yang saya utarakan hingga pada penyampaian saran ini, saya berharap kiranya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang membaca sebagai acuan pengenalan ‘Adad .
Semua uraian materi Makalah ini banyak kekurangan yang ditemukan maupun banyak penjelasan yang kurang tepat baik dari segi bahasanya maupun dari segi penyusunanya. Oleh karena itu, masukan yang bersifat membangun dan berupa saran, kritik, sanggahan, maupun yang lainnya saya terima dengan senang hati sebagai bahan penyempurnaan makalah ini selanjutnya.






DAFTAR PUSTAKA
Ma’arif syamsul, Nahwu kilat: perpaduan antara teori dan praktek ,Bandung: Nuansa Aulia ,2008. 
https://bukablogdikdik.wordpress.com/2015/03/06/makalah-bahasa-arab-mengenai-adad-madud/


1 comment:

  1. kalau dalam pembahasan di kasih footnote kaya lebih baik, supaya jelas referensinya, utk teorinya

    ReplyDelete