RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-1
SATUAN
PENDIDIKAN : MTs.NEGERI KAWALI
MATA
PELAJARAN : QUR’AN HADIS
KELAS/
SEMESTER : VII (TUJUH)/ II
MATERI POKOK :KUNIKMATI KEINDAHAN AL-QUR’AN
DENGAN TAJWID
ALOKASI
WAKTU :
1 TM (2X40 MENIT)
A. KOMPETENSI INTI
KI
1 : menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI
3 : memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural), berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, yang terkait
dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4: mencoba, mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, m,enghitung, menggambar dan mengarang). SesuaI dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1
Memahami ketentuan hukum bacaan
qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), dan al-Kafirun (109) serta al-Qur’an
surat-surat pendek pilihan.
C. INDIKATOR
3.1.1
menyebutkan arti hukum bacaan qalqalah
3.1.2
menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan
qalqalah
3.1.3
mendeskripsikan cara membacakan/
membunyikan hukum bacaan qalqalah
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa
mampu menyebutkan arti hukum bacaan qalqalah
2. Siswa
mampu menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan qalqalah
3. Siswa
mampu mendeskripsikan cara membacakan/ membunyikan hukum bacaan qalqalah.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Qalqalah
menurut bahasa artinya bergerak dan bergetar. Sedangkan menurut Istilah adalah
gerakan makhraj pada saat mengucapkan huruf tertentu yang disukunkan, sehingga
terdengar suara tekanan yang kuat. Huruf qalqalah ada 5 yang tergabung dalam
kalimat “qutbu jaddin” yaitu ‘qaf,
tha, ba, jim, dan dal.
Tingkatan
qalqalah ada tiga macam:
1. Qaqalah
yang paling berat yaitu huruf qalqalah yang ditasydidkan dalam keadaan waqaf.
2. Qalqalah
yang pertengahan yaitu huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan waqaf.
3. Qalqalah
yang ringan yaitu huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan washal.
Namun, pembagian qalqalah yang paling masyhur ada 2
macam:
1. Qalqalah
sughra
Yaitu ketika huruf qalqalah
berharkat hidup yang dibaca mati karena waqaf.
2. Qalqalah
kubra
Yaitu ketika huruf qalqalah yang
berharkat sukun di tengah kalimat.
F. METODE PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran yang digunakan :
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
Dengan menggunakan Model Pembelajaran
“ Pesawat Tempur”
G. MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Mushaf
al-Qur’an
2. Buku
siswa qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 61, KURTILAS, Kemenag RI.
3. Buku
guru qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 98, KURTILAS, Kemenag RI.
4. Kertas
Origami
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan
(15) menit
a. Guru
mengucapkan salam dan memimpin do’a bersama
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa, mengabsen, serta posisi duduk disesuaikan dengan
pembelajaran,
c. Guru
menyampaikan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan,
d. Guru
mempersiapkan media, alat peraga/bantu, bisa berupa gambar/ yang lainnya.
2.
Kegiatan
Inti (50) Menit
a. Mengamati
Mengamati penggalan ayat yang
mengandung hukum bacaan qalqalah.
b. Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru,
peserta didik mampu mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan
qalqalah.
c. Mengeksplorasi
Mencari contoh-contoh hukum bacaan
qalqalah yang ada dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
d. Mengasosiasi
Mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah
yang ada dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
e. Mengkomunikasikan
Mempersentasikan hukum bacaan
qalqalah yang terdapat dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
3.
Penutup
(15) Menit
a. Guru
dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Guru
melaksanakan penguatan materi.
c. Guru
melaksanakan evaluasi melalui pembelajaran yang disampaikan, bersama-sama
dengan peserta didik.
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut.
e. Guru
menyampaikan gambaran untuk pembelajaran berikutnya.
f. Guru
bersama-sama dengan peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a.
I. PENILAIAN
a. Penialaian
Sikap
Hebat bro rpp nya by rudi gunawan aozora 2019
ReplyDeleteterimakasih ka
ReplyDelete