Wednesday, January 09, 2019

RPP Al Qur'an dan Hadis KUNIKMATI KEINDAHAN AL-QUR’AN DENGAN TAJWID


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-1

            SATUAN PENDIDIKAN     : MTs.NEGERI KAWALI
            MATA PELAJARAN            : QUR’AN HADIS
            KELAS/ SEMESTER            : VII (TUJUH)/ II
MATERI POKOK                 :KUNIKMATI KEINDAHAN AL-QUR’AN DENGAN TAJWID
            ALOKASI WAKTU             : 1 TM (2X40 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1 :  menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: mencoba, mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, m,enghitung, menggambar dan mengarang). SesuaI dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
3.1       Memahami ketentuan hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), dan al-Kafirun (109) serta al-Qur’an surat-surat pendek pilihan.
C.    INDIKATOR
3.1.1    menyebutkan arti hukum bacaan qalqalah
3.1.2    menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan qalqalah
3.1.3    mendeskripsikan cara membacakan/ membunyikan hukum bacaan qalqalah
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu menyebutkan arti hukum bacaan qalqalah
2.      Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hukum bacaan qalqalah
3.      Siswa mampu mendeskripsikan cara membacakan/ membunyikan hukum bacaan qalqalah.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
Qalqalah menurut bahasa artinya bergerak dan bergetar. Sedangkan menurut Istilah adalah gerakan makhraj pada saat mengucapkan huruf tertentu yang disukunkan, sehingga terdengar suara tekanan yang kuat. Huruf qalqalah ada 5 yang tergabung dalam kalimat “qutbu jaddin” yaitu ‘qaf, tha, ba, jim, dan dal.
Tingkatan qalqalah ada tiga macam:
1.      Qaqalah yang paling berat yaitu huruf qalqalah yang ditasydidkan dalam keadaan waqaf.
2.      Qalqalah yang pertengahan yaitu huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan waqaf.
3.      Qalqalah yang ringan yaitu huruf qalqalah yang disukunkan dalam keadaan washal.
Namun, pembagian qalqalah yang paling masyhur ada 2 macam:
1.      Qalqalah sughra
Yaitu ketika huruf qalqalah berharkat hidup yang dibaca mati karena waqaf.
2.      Qalqalah kubra
Yaitu ketika huruf qalqalah yang berharkat sukun di tengah kalimat.
F.     METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
Dengan menggunakan Model Pembelajaran “ Pesawat Tempur”
G.    MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Mushaf al-Qur’an
2.      Buku siswa qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 61, KURTILAS, Kemenag RI.
3.      Buku guru qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 98, KURTILAS, Kemenag RI.
4.      Kertas Origami
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan (15) menit
a.       Guru mengucapkan salam dan memimpin do’a bersama
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa, mengabsen, serta posisi duduk disesuaikan dengan pembelajaran,
c.       Guru menyampaikan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan,
d.      Guru mempersiapkan media, alat peraga/bantu, bisa berupa gambar/ yang lainnya.
2.      Kegiatan Inti (50) Menit
a.       Mengamati
Mengamati penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah.
b.      Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mampu mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan qalqalah.
c.       Mengeksplorasi
Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
d.      Mengasosiasi
Mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
e.       Mengkomunikasikan
Mempersentasikan hukum bacaan qalqalah yang terdapat dalam Q.S Al-Bayyinah dan Al- Kafirun.
3.      Penutup (15) Menit
a.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru melaksanakan penguatan materi.
c.       Guru melaksanakan evaluasi melalui pembelajaran yang disampaikan, bersama-sama dengan peserta didik.
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
e.       Guru menyampaikan gambaran untuk pembelajaran berikutnya.
f.       Guru bersama-sama dengan peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a.
I.       PENILAIAN
a.       Penialaian Sikap

2 comments: