Wednesday, January 09, 2019

RPP Al Qur'an dan Hadis Sikap Toleranku Mewujudkan Kedamaian


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-4

            SATUAN PENDIDIKAN     : MTs.NEGERI KAWALI
            MATA PELAJARAN            : QUR’AN HADIS
            KELAS/ SEMESTER            : VII (TUJUH)/ II
            MATERI POKOK                  : Sikap Toleranku Mewujudkan Kedamaian
            ALOKASI WAKTU : 1 TM (2X40 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI
KI 1 :  menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: mencoba, mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, m,enghitung, menggambar dan mengarang). SesuaI dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
3.2       Memahami isi kandungan al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi dan membangun kehidupan umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, at-Turmuzi, Ibnu Hibban, al-Hakim, al-Baihaqi dari Ibnu Umar, r.a.
            Serta hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik.

C.    INDIKATOR
3.2.1    Menterjemahkan surat al-kafirun,
3.2.2    Menjelaskan kandungan surat al-bayyinah
3.2.3    Menyimpulkan hasil kajian ayat.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik mampu Menterjemahkan surat al-kafirun,
2.      Peserta didik mampu Menjelaskan kandungan surat al-bayyinah
3.      Peserta didik mampu Menyimpulkan hasil kajian ayat.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
Toleransi sifat atau sikap menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapatnya sendiri. Islam menyamakan toleransi dengan tasamuh, yang berarti Allah memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menjalankan apa yang ia yakini sesuai dengan ajarannya masing-masing. Tanpa ada tekanan yang mengusik ketauhidan.
Dalam konteks beragama, toleransi dimaknai sebagai sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda.
Adapun istilah fanatik adalah keteguhan hati dalam mempertahankan ketauhidan.
Istilah islam tentang fanatik dibagi menjadi 2 : 1) istiqomah adalah keteguhan hati (fanatik istiqomah). 2) fanatik ta’ashub “fanatik buta”. Dari 2 istilah tersebut menunjukkan bahwa fanatik memiliki sisi positif dan negatif. Namun, islam menganjurkan agar mengikuti fanatik yang pertama, karena dengan ini seorang muslim akan sungguh-sungguh dalam melaksanakan ajaran islam. Seorang muslim yang tidak fanatik terhadap ajaran islam disebut munafiq.
F.     METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan adalah :
1.      Ceramah
2.      Diskusi kelompok
3.      Demonstrasi
Dengan menggunakan Model Pembelajaran “Picture and picture
G.    MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku siswa qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 38, KURTILAS, Kemenag RI.
2.      Buku guru qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 61, KURTILAS, Kemenag RI.
3.      Karton dan Kertas Origami
4.      Gunting,Lem,Spidol dan doubletip
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan (10) menit
a.       Guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama.
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa, mengabsen, serta posisi duduk disesuaikan dengan pembelajaran,
c.       Guru melakukan apersepsi terhadap materi yang telah diajarkan, supaya peserta didik mampu mengingat kembali dan menyambungkan dengan pelajaran yang akan diajarkan.
d.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti KBM.
e.       Guru mempersiapkan media, alat peraga/bantu, bisa berupa gambar/ yang lainnya.
2.      Kegiatan Inti (60) Menit
a.       Mengamati
Mengamati q.s al-kafirun dan al-bayyinah beserta artinya, dan mengamati toleransi dan fanatik serta mengaitkannya dalam fenomena kehidupan.

b.      Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan dimasyarakat.
c.       Mengeksplorasi
Menggali informasi tentang kandungan Q.S. al-kafirun dan al-bayyinah.
d.      Mengasosiasi
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan kandungan Q.S. al-kafirun dan al-bayyinah dan mengaitkannya dalam fenomena di masyarakat dan menuliskannya dalam karton yang dibuat gambar sesuai dengan kreatifitas kelompok.
e.       Mengkomunikasikan
Mempersentasikan hasil  diskusi yang sudah tercantum dalam karton bergambar sesuai dengan hasil pengamatan kandungan Q.S. al-kafirun dan al-bayyinah tentang toleransi dan fanatisme.
3.      Penutup (10) Menit
a.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru melaksanakan penguatan materi.
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d.      Guru menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya.
e.       Guru bersama-sama dengan peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a.
I.       PENILAIAN

0 komentar:

Post a Comment