Thursday, May 24, 2018

RPP Kelas 1 SD PAI & BP Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SDN 1 Sirnabaya
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester          :  I / I
Tema                          : 1. Kasih Sayang
Alokasi Waktu          :  2 x 4 Jam Pelajaran (2 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI-3    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

2.
2.4 Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

3.
3.12    Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
3.3 Mengenal makna Asmaulhusna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.

3.12.1 Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw.
3.3.1 Menyebutkan ar-Rahman, ar-Rahim
3.3.2 mengartikan ar-Rahman dan ar-Rahim;
4.
4.2 Melafalkan Asmaulhusna: ar-Rahman, ar-Rahim, al-Malik.
4.15 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4.2.1 menunjukan hafal ar-Rahman dan ar-Rahim dengan artinya
4.12.1 Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw
4.12.2 Menunjukan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.


C.      Tujuan Pembelajaran   
Pertemuan ke-1
Melalui metode ceramah interaktifpeserta didik dapat:
1.      Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw
2.      Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw
3.      Menunjukan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw

Pertemuan ke-2
Peserta didik mampu:
a. melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim;
b. mengartikan ar-Rahman dan ar-Rahim;
c. menyebutkan kasih sayang Allah Swt.

D.      Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
            Muhammad Rasulullah menyayangi umatnya
Hari Raya Idul Fitri tiba.
Anak-anak bergembira
ketika Rasulullah pulang.
Ada anak menangis.
Rasulullah berkata,
jangan menangis anakku.
Aku menjadi ayahmu

Solawat Badar
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk Nabi Muhammad
Rahmat keselamatan Allah
tetap untuk kekasih Allah

Pertemuan 2
Ar-Rahman dan ar-Rahim termasuk asmaulhusna.
Nama-nama Allah yang baik.
Ar-Rahman artinya Maha Pengasih
Ar-Rahim artinya Maha Penyayang

E.       Metode Pembelajaran
1.      Ceramah interaktif
2.      Diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang
F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a. Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
b. Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


20 menit
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1
1)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
2) Peserta didik  mengemukakan isi gambar tersebut.
3) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
4)                               Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
5) Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
6) Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”.
7) Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris  per baris/kalimat per kalimat.
8)                               Pada kolom   “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut
9)  Selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya).
10) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

Pertemuan ke-2
1)   Guru mengajak peserta didik melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim.
2)  Guru memberikan penjelasan arti ar-Rahman dan ar-Rahim.
3)  Guru meminta peserta didik mengamati gambar pada subbab ar Rahman dan ar-Rahim.
4)  Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
5)  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
6)  Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar berikutnya.
7)   Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama sama mengucapkan “aku menyayangi temanku”.
8)  Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan (denganteman sebangku) untuk  melafalkan ar-Rahman dan ar-Rahim.
9)  Selanjutnya diminta untuk mengamati peristiwa kasih sayang di rumah dan menceritakan kasih sayang dalam keluarga (hasil kegiatan disampaikan pada pertemuan berikutnya).
10) Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
11)  Pada kolom “tugas kelompok” peserta didik melakukannya secara diskusi.

  100 menit
3.
Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memahami keteladanan Nabi Muhammad saw dengan baik;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

G.      Penilaian
Pertemuan ke-1
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.

No
Aspek
Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan :
*4 =  Sangat Baik                            3 =  Baik
2 =  Sedang                                   1 =  Kurang baik
Rentang Skor  =  Skor Maksimal-Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
MK   = 14-16
MB   = 11-13
MT   = 7-10
BT    = 4-6

Keterangan:
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

Pertemuan ke-2
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada kolom “ayo kerjakan”.
Penskoran
Benar dan lengkap                  =  100
Benar dengan 1 jawaban        =  50
Tidak menjawab/salah           =  0
Skor yang diperoleh
-------------------------  X  100  = ...
Skor maksimal

H.      Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media Alat
Gambar kasih sayang Nabi Muhammad saw
2.      Sumber Belajar
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD, Kemdikbud Jakarta, 2013, Hal. 1-6, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.

I. Pengayaan
Pertemuan ke 1
Peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang. Beberapa pilihan dapat dilakukan misalnya menggunting dan menempelkan beberapa gambar yang menceritakan perilaku kasih sayang dalam satu lembar. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

Pertemuan ke 2
Peserta didik diminta memilah dan menentukan gambar yang mencerminkan kasih sayang atau bukan, atau dengan menceritakan isi gambar tentang kasih sayang yang sejenis (lihat butir 6 sebelumnya).


J. Remidial
Pertemuan ke 1
Peserta didik yang belum menguasai materi pembelajaran, akan dijelaskan kembali  materi kasih sayang Nabi Muhammad saw. Guru melakukan penilaian kembali (lihat butir 5) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

Pertemuan ke 2
Guru menjelaskan kembali materi kasih sayang Allah Swt. dan melakukan penilaian kembali. (lihat butir 7 sebelumnya). Dalam tugas kelompok, jumlah peserta didik dalam kelompok disesuaikan. Selanjutnya melalui perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok lain menyampaikan pendapatnya. Guru membimbing jalannya diskusi.

J. Iteraksi Guru dan Orang Tua
Pertemuan ke 1
Guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perilaku kasih sayang anak dalam keluarganya. Misalnya, orang tua diminta untuk mengamati perilaku kasih sayang peserta didik kepada adiknya.

Pertemuan ke 2
(Lihat butir 8 halaman 4) dalam hal perkembangan pengetahuan dan sikap peserta didik, atau melakukan kunjungan ke rumah peserta didik.

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

                            Kepala Sekolah,



MUMU, S.Pd.
NIP:195903181982041001

......................., ...................................
Guru Bidang PAI




ELVA TRIANA, S.Pd.
   NIP:-

1 comment:

  1. Lucky 15 Casino, Mapyro
    Get directions, reviews and information for Lucky 15 Casino in Perryville, MS. The Lucky 익산 출장샵 15 Casino 이천 출장샵 in Perryville is owned and operated 시흥 출장마사지 by 성남 출장마사지 Wynn Resorts. 통영 출장안마

    ReplyDelete