Monday, May 14, 2018

CONTOH ABSTRAK dalam Skipsi


ABSTRAK

ELVA TRIANA. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan TIK Pada Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Kisah Para Nabi dan Rasul”( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis).
Dari hasil pengamatan di SD Negeri 1 Sirnabaya kabupaten Ciamis ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang menggembirakan. Indikatornya antara lain adanya kecenderungan semakin menurunnya tingkat prestasi belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ini bisa dilihat dari hasil ulangan harian Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV yang masih menunjukkan kurang menggembirakan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis, sejumlah faktor yang diduga sebagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain adalah: Penggunaan media pembelajaran kurang maksimal sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang memahami materi. Guru terlalu banyak memberikan penjelasan sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Guru kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa sebelum pelajaran dimulai sehingga kurang aktif dalam mengikuti pelajaran.
Penelitian ini didasarkan atas dasar pemikiran bahwa peningkatan hasil belajar siswa di sekolah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  khususnya dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa diharapkan dapat mengatasi masalah- masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah maka masalah yang akan diteliti dirumuskan menjadi beberapa pertanyaan yang dijadikan sebagai acuan pada penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Adapun tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), meningkatkan kemampuan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan mengambil lokasi di SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Peneliti bekerja sama dengan guru kelas IV untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Alasan peneliti memilih di SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis sebagai tempat penelitian, dikarenakan letak sekolah yang strategis, lokasi yang lumayan dekat dengan tempat tinggal peneliti, sehingga lebih efektif dan efisien. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis jumlah peserta didik kelas IV seluruhnya berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.
Dari hasil pengolahan dan pengujian data dalam penelitian ini ternyata adanya pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di Sd Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa sehingga hasil yang diperoleh untuk penyusunan RPP dari siklus pertama nilai rata- rata 79,71 dan siklus ke dua 90,09. Kinerja guru dalam proses pembelajaran siklus pertama nilai rata- rata  80,02 siklus ke dua 91,06.dan hasil bejar siswa pun meningkat dari siklus pertama nilai rata- rata 71 dan siklus ke dua 84.


0 komentar:

Post a Comment