
ELVA TRIANA. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Pemanfaatan TIK Pada Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Kisah Para Nabi
dan Rasul”( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya
Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis).
Dari
hasil pengamatan di SD Negeri 1 Sirnabaya kabupaten Ciamis ditemukan bahwa
pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang menggembirakan.
Indikatornya antara lain adanya kecenderungan semakin menurunnya tingkat
prestasi belajar siswa dan rendahnya partisipasi siswa dalam kegiatan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ini bisa dilihat dari hasil ulangan harian
Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV yang masih menunjukkan kurang
menggembirakan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis, sejumlah
faktor yang diduga sebagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara lain adalah: Penggunaan media
pembelajaran kurang maksimal sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa
sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang memahami materi. Guru terlalu
banyak memberikan penjelasan sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Guru
kurang memberikan motivasi belajar kepada siswa sebelum pelajaran dimulai
sehingga kurang aktif dalam mengikuti pelajaran.
Penelitian ini didasarkan atas dasar pemikiran bahwa peningkatan hasil
belajar siswa di sekolah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya dengan pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa diharapkan dapat mengatasi masalah-
masalah yang berkaitan dengan proses pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi dan pembatasan
masalah maka masalah yang akan diteliti dirumuskan menjadi beberapa pertanyaan
yang dijadikan sebagai acuan pada penelitian. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu: Bagaimana penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, bagaimana
pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK), bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan memanfaatkan Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK).
Adapun
tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik, meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), meningkatkan kemampuan guru dalam proses
pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian
Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan mengambil lokasi di SD Negeri 1
Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Peneliti bekerja sama dengan
guru kelas IV untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Alasan peneliti memilih di SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten
Ciamis sebagai tempat penelitian, dikarenakan letak sekolah yang strategis, lokasi
yang lumayan dekat dengan tempat tinggal peneliti, sehingga lebih efektif dan
efisien. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV SD Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis jumlah
peserta didik kelas IV seluruhnya berjumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang
laki-laki dan 9 orang perempuan.
Dari hasil pengolahan dan pengujian data dalam penelitian ini ternyata
adanya pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV di Sd
Negeri 1 Sirnabaya Kecamatan Rajadesa sehingga hasil yang diperoleh untuk
penyusunan RPP dari siklus pertama nilai rata- rata 79,71 dan siklus ke dua
90,09. Kinerja guru dalam proses pembelajaran siklus pertama nilai rata- rata 80,02 siklus ke dua 91,06.dan hasil bejar
siswa pun meningkat dari siklus pertama nilai rata- rata 71 dan siklus ke dua
84.
0 komentar:
Post a Comment