BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pelaksanaan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) IAID Ciamis merupakan suatu
program yang dirancang untuk melatih mahasiswa agar
memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai keguruan secara utuh dan integratif.
Pengetauan dan keterampilan keguruan, merupakan kemampuan khusus yang harus
dimiliki oleh semua guru, mencakup penampilan melaksanakan tugas-tugas keguruan
dan mensosialisasikanya di depan murid secara benar serta dapat
dipertanggungjawabkan. Guru tidak hanya bertugas mentransfer pengetahuan
kepada murid, tetapi harus menanamkan pengetahuan dan keterampilan tersebut
kepada mereka dengan penuh tanggungjawab.
Praktek Pengalaman Lapangan merupakan muara
dari semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para mahasiswa di bangku
kuliah sebelumnya. Praktek Pengalaman Lapangan inipun memberikan kesempatan
kepada para peserta (sebagai calon guru) untuk mengenal secara empirik mengenai
lapangan yang akan menjadi bidang tugasnya secara lebih akrab, guna menerapkan
segala pengetahuan , keterampilan serta wawasan, sikap dan nilai yang sudah
dibentuk oleh berbagai mata kuliah kedalam kelas yang sebenarnya.
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah merupakan harapan bagi dunia
pendidikan, mereka sebagai calon guru akan menentukan baik atau tidaknya
pendidikan, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dalam proses pendidikan para
guru diharapkan mampu memberikan pengajaran dan proses pembelajaran yang terbaik kepada anak didik.
Untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru, maka
salah satunya ialah dengan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan yang
dilakukan di sekolah.
B.
Tujuan PPL
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk :
1.
Membentuk
guru yang profesional, agar ilmu pengetahuan yang telah dimiliki oleh para mahasiswa,
dapat diamalkan secara nyata dilapangan.
2.
Memperkenalkan
mahasiswa terhadap lapangan kerjanya secara akrab, yang dikemudian hari akan
menjadi tempat pengabdiannya.
3.
Membentuk
mahasiswa agar mampu menampilkan kemampuan keguruan secara utuh dan integratif
di depan peserta didik.
C.
Kegunaan PPL
Adapun manfaat/kegunaan yang dapat diambil dari Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL) ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk menambah
pengalaman dalam mengajar.
2.
Dapat memberi
pemahaman, wawasan dan pengetahuan dalam melakukan proses pembelajaran dalam
suatau lembaga pendidikan.
3.
Untuk dapat
lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru.
BAB II
KONDISI OBJEKTIF LOKASI PPL
A.
Identitas
Madrasah
Nama Madrasah : MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Jawa Barat
Alamat : Jl. Kyai Ahmad Fadlil I, Kampus Pondok Pesantren Darussalam Kandanggajah
06/13 Dewasari Kec.Cijeungjing
Kabupaten : Ciamis
Provinsi : Jawa Barat
Telepon/Faks : (0265) 774277 -
773618
Alamat Surat : Kotak Pos No. 2
Ciamis 46271
NSM : 1212320700
NPSN : 20278617
Tahun Berdiri :
1969
Izin Operasional :
No. 117/C/H.15/1969
Izin Pendirian :
No. 02/Sek./A/H.15/BJG/1969
Satatus Madrasah :
Swasta
Status Akreditasi :
Terakreditasi A
Luas Tanah :
7.566
Status Tanah :
Milik Pribadi
Status Bangunan : Hak Guna Pakai
Luas Bangunan :
1.525 m2
NPWP : 21.110.578.8-442.000
Penyelenggara :
Yayasan Kesejahteraan Pendidikan
Islam Al-Fadliliyah
Kepala Madrasah : Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA., M.Ag.
B.
Visi, Misi dan
Tujuan Sekolah/Madrasah
Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Al-Fadliliyah Darussalam
Ciamis adalah :
1.
Visi :
Mencetak Calon pemimpin yang mampu membaca situasi,
cerdas, mandiri, dan mampu berbahasa asing.
2.
Misi :
ü Membangun keterampilan berbahasa asing.
ü Meningkatkan motivasi dan bakat individual
ü Membangun keterampilan memimpin
ü Menanamkan spiritual dalam sistem pembelajaran
ü Membentuk pribadi unggulan dalam keimanan,
ilmu dan amal shaleh
3.
Tujuan :
Adapun tujuan
MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis adalah sebagai berikut :
a.
Membentuk
peserta didik yang menjungjung tinggi dan memiliki keunggulan kepribadian yang
di dasari oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
b.
Membentuk
peserta didik yang menjungjung tinggi dan memilki kemandirian dalam bersikap,
bertindak dan berfikir akhlakul karimah.
c.
Menciptakan
pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan.
d.
Menciptakan
suasana kondusif dalam proses pembelajaran.
e.
Menyediakan
sarana dan media pembelajaran yang efektif dan inovatif.
C.
Keadaan Siswa
Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis
berasal dari berbagai daerah, baik di lingkup Kabupaten Ciamis maupun dari luar
Kabupaten Ciamis. Adapun tinggalnya bagi yang jauh, sebagian besar tinggal di
Pondok Pesantren Darussalam itu sendiri, akan tetapi ada juga yang tinggal di
sekitar sekolah yang memang rumahnya berada di sekitar sekolah.
Berikut adalah data siswa selama 3 tahun terakhir yakni :
No
|
Kelas
|
Tahun Ajaran
|
||
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||
1
|
VII
|
131
|
179
|
149
|
2
|
VIII
|
127
|
149
|
136
|
3
|
IX
|
117
|
111
|
140
|
Jumlah
|
375
|
439
|
425
|
D.
Keadaan Guru
Dan Karyawan
Klasifikasi Guru dan
Tenaga Kependidikan
|
Jumlah Guru/Tenaga Kependidikan
|
Ket.
|
|
Yang ada
|
Yang dibutuhkan
|
||
Guru Tetap PNS
|
2 Orang
|
Penambahan
guru PNS dan tenaga Kependidikan PNS sampai jumlah ideal.
|
|
Guru Tetap Yayasan
|
35 Orang
|
||
Guru Tidak Tetap/Guru
Bantu
|
-
|
||
Guru
PNS Dipekerjakan ( DPK)
|
-
|
||
Staf Tata Usaha
|
7 Orang
|
||
Penjaga Sekolah
|
1 Orang
|
Pimpinan, Wakil Kepala, Guru, Karyawan dan Komite Madrasah:
1.
Kepala Madrasah
Nama : Dr. H. Fadlil Yani
Ainusyamsi, MBA., M.Ag.
Pendidikan : S.3 UPI Bandung
Jurusan/konsentrasi : Pendidikan Nilai/Umum
2.
Wakil Kepala
a.
Wkl. Kepala
Bidang Kurikulum : Juju
Julaeha, M.Pd.I
b.
Wkl. Kepala
Bidang Sarana/Prasarana : Siti Aminah, S.Ag
c.
Wkl. Kepala
Bidang Kesiswaan : Arni
Munawwaroh, M.Pd.I
d.
Wkl. Kepala Bidang Humas : Nur Aenil Azid, S.Ag.
e.
BP/BK :
Deni
Kuswandi, S.Pd.I
3.
Jumlah
Guru/Tenaga Pengajar :
35
4.
Karyawan/Tata
Usaha
a. Kepala Urusan Tata Usaha :
Saepurrohman, M.Pd.I
b. Bendahara : Faidaturrochmah, M.Pd.I
c. Administrasi/Persuratan : Umar,
S. Pd.I
d. Administrasi Kesiswaan : Anas
Ma’ruf, S.Ag.,S.Kom.
e. Administrasi Kepegawaian :
Nur Aenil Azid, S.Ag.
f. Urusan Rumah Tangga : N. Keneng Qori’ah, M.Pd.I
g. Administrasi Umum : Aning Nurazijah, S.Pd.I
h. Urusan Perpustakaan :
Sair, S.Pd.I
5.
Komite/Majelis
Madrasah
a. Ketua Komite : Drs. Undang Suherman
b. Sekretaris Komite : Kiswanda, M. Pd.
c. Bendahara :
Imas Siti Rohmah, S. H.I
d. Anggota :
- Drs. H. Enda Rahlan
- Ede
Syahidin, M. Pd. I
- Otong
E.
Sarana dan
Prasarana Pendidikan
Jenis
|
Jml Ruang yg ada
|
Kondisi
|
Katagori Kerusakan
|
Ket.
|
|
Baik
|
Rusak
|
||||
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
|||
Ruang Guru
|
1
|
1
|
|||
Ruang Kelas
Bejar
|
14
|
10
|
4
|
Perlu Penambahan
|
|
Ruang Perpustakaan
|
-
|
||||
Ruang Lab IPA
|
1
|
1
|
|||
Ruang Keterampilan
|
-
|
||||
Lab.Bahasa
|
1
|
1
|
|||
Lab.Komputer
|
1
|
1
|
Perlu dibangun
|
||
Ruang Serbaguna
|
-
|
Perlu dibangun
|
Jumlah dan
Kondisi Buku:
Jenis Buku
|
Jumlah
(eksp.)
|
Kondisi Buku
|
||
B
|
R
|
RB
|
||
Buku Paket
|
446
|
213
|
132
|
101
|
Buku Penunjang
|
321
|
120
|
112
|
89
|
Buku Fiksi
|
246
|
240
|
6
|
-
|
Ket. B
= Baik, R = Rusak, RB = Rusak Berat
Sebagai gambaran umum kondisi MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis
pada Tahun Pelajarn 2014/2015 adalah sebagai berikut :
1.
Tanah.
a.
Luas tanah
seluruhnya =
4.253 m2
b.
Luas tanah yang
dipakai bangunan =
1.935 m2
c.
Jumlah
rombongan Belajar 10 rombel = 729 m2
d.
Ruang
Perpustakaan Luas = 54 m2
e.
Ruang
Laboratorium IPA Luas = 42 m2
f.
Ruang Tata
Usaha Luas = 54 m2
g.
Ruang Guru Luas = 108 m2
h.
Kamar mandi /
WC Kepala Luas = 6 m2
i.
Kamar mandi /
WC Guru Luas = 6 m2
j.
Kamar mandi /
WC Siswa Laki-laki Luas = 12 m2
k.
Kamar mandi /
WC Siswa Perempuann Luas = 12 m2
l.
Masjid Luas = 112 m2
2.
Rombongan
Belajar.
a.
Kelas VII = 5 Rombel
b.
Kelas VIII = 5 Rombel
c.
Kelas IX = 5 Rombel
3.
Waktu Belajar = 07.00 – 13.20 WIB (8 jam pelajaran)
4.
Tenaga Pendidik =
35 orang
5.
Tenaga Tata
Usaha = 7 orang
F.
Program
Kerja Sekolah atau Madrasah
1.
Program
kerja kesiswaan
a.
Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB)
Pelaksanaan kegiatan penerimaan
peserta didik baru dilaksanakan sesuai program penerimaan peserta didik baru
yang dilaksanakan oleh pesantren Darussalam.
Urutan kegiatan pelaksanaan
penerimaan peserta didik baru :
1)
Rapat
pembentukan panitia
2)
Rapat persiapan
pelaksanaan kegiatan (PPDB)
3)
Pengadaan
kebutuhan administrasi kegiatan
4)
Penyampaian
surat pemberitahuan ke SD/MI
5)
Pelaksanaan
sosialisasi
6)
Pendaftaran
(Seleksi Administrasi)
7)
Pelaksanaan
seleksi
8)
Pengumuman
peserta didik yang diterima
9)
Daftar ulang
peserta didik yang diterima
10)
Pelaporan
b.
Tassalam
(Ta’aruf Santri Darussalam)
Pengenalan kondisi sekolah yang
dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Tassalam, didalamnya terdiri beberapa
kegiatan diantaranya :
1)
Materi Tassalam
2)
Pengenalan
Pondok Pesantren Darussalam
3)
Lingkungan
Hidup
4)
Organisasi
5)
Keagamaan
6)
Upacara bendera
7)
Olahraga
8)
Kesenian
9)
Ekstrakurikuler
10)
Pemeriksaan
Kesehatan
11)
Kepramukaan
12)
Pemilihan
Ekstrakurikuler
c.
Pembuatan/Revisi
Buku Tatakrama Siswa
Pelaksanaan penilaian kedisiplinan
peserta didik (buku pribadi)
d.
Pembuatan kartu
Osis
Kartu anggota Osis yang dilaksanakan
di MTs Al-Fadliliyah Darussalam sebagai kartu pelajar
e.
Pemilihan Ketua
Osis
Pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua
Osis dan perangkatnya dilaksanakan pada semester pertama dengan panitia
pelaksananya Osis yang mau lengser.
Pelaksanaan kegiatan :
1)
Pembentukan
panitia
2)
Pendaftaran
calon
3)
Wawancara calon
4)
Kampanye calon
5)
Pemilihan
6)
Pelantikan
f.
Pelatihan Dasar
Kepemimpinan Siswa (LDKS)
Kegiatan yang dilaksanakan sebagai
pembekalan bagi pengurus osis baru dalam menjalankan organisasi
g.
Melaksanakan
rapat rutin osis dengan Pembina
Pelaksanaan rapat rutin dilaksanakan
minimal satu kali dalam sebulan dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauhmana
program kegiatan yang dapat dilaksanakan.
h.
Pembinaan siswa
1)
Pembinaan
kebangsaan dan cinta tanah air
Melalui upacara bendera dan
Peringatan Hari Besar Nasional
2)
Pembinaan
kesehatan
Pembinaan bagi peserta didik yaitu
tentang pelaksanaan kesehatan merawat diri dan lingkungan
3)
Pembinaan
tentang narkoba dan kenakalan remaja
Dalam pembinaan narkoba dan
kenakalan remaja dengan cara mengundang dari BNK / Kepolisian/Narasumber yang
terkait.
4)
Pembinaan
keagamaan
-
Tadarus sebelum
KBM
-
Kegiatan shalat
duha
-
Kultum
-
Shalat duhur
berjamaah
-
Peringatan hari
besar Islam
-
Muhadarah
-
Mufhrodat
-
Muhasabah
i.
Keorganisasian
Upaya melatih dan meningkatkan
wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai kesempatan peserta didik
dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah diagendakan oleh
sekolah, yang meliputi penyelenggaraan berbagai macam kepanitian turnamen bola
voly, class meeting, dll.
j.
Kepemimpinan
Berbagai kegiatan yang diagendakan
oleh sekolah guna mengoptimalkan kemampuan peserta didik yang berorientasi pada
kegiatan kepemimpinan, meliputi kepramukaan, BSM, Paskibra, Kultum, Imam Shalat
Duhur, Latihan dasar Kepemimpinan Siswa (Pengurus Osis dan Majelis perwakilan
kelas)
k.
Pengembangan
diri
Kegiatan yang berorientasi pada
upaya pengembangan diri peserta didik yang diprogramkan untuk diikuti oleh
peserta didik adapun kegiatan tersebut :
1)
Pengembangan
diri akademis :
-
Matematika
Club
|
-
Biologi Club
|
-
Fisika
Club
|
-
PAI
Club
|
-
IPS
Club
|
-
Inggris
Club
|
-
ICT
Club
|
2)
Pengembangan
diri non akademis (bakat dan minat yang meliputi bidang olahraga dan kesenian :
-
Basket
|
-
Bola
Voly
|
-
Sepakbola
|
-
Tenis
Meja
|
-
Karate
|
-
Paduan
Suara
|
-
Karawitan
|
-
Paskibra
|
-
BSM
|
-
Pramuka
|
-
Jurnalistik
|
-
Marawis
|
-
Angklung
|
-
Drumband
|
-
Tari
Saman
|
-
Bulu
Tangkis
|
-
Teater
|
2.
Program
kerja kurikulum
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN
|
TARGET
|
WAKTU
|
PELAKSANA
|
|
1
|
Pembagian tugas
|
> Pembagian
tugas mengajar dan
|
Guru mengajar
sesuai
|
Juli 2014
|
> PKM Urusan
|
|
mengajar
|
penyusunan jadual
pelajaran
|
dengan tugas dan
jadualnya
|
Kurikulum
|
|||
> Penyusunan
program tutorial untuk
|
> Koordinator
|
|||||
KPB
|
KPB
|
|||||
2
|
Penyusunan
|
Setiap guru
diwajibkan membuat
|
Setiap guru
memiliki
|
Juli 2014
|
Guru
|
|
Administrasi
|
administrasi
pembelajaran sebagai berikut
|
kejelasan arah
& tujuan
|
||||
Pembelajaran
|
- Program tahunan
|
pembelajaran
|
||||
- Program semester
|
||||||
Pemetaan SK &
KD
|
||||||
KKM
|
||||||
- Silabus
|
||||||
- RPP
|
||||||
Kontrak belajar
|
||||||
Analisis
ketuntasan
|
||||||
3
|
Pembiasaan
|
> Mlaksanakn
tadarus al-Quran,shalat Duha,shalat
|
Pendidik dan
tenaga kependidikan
|
Sepanjang
|
||
zhuhur brjamaah,puasa
sunat Senin&Kamis,
|
trbiasa
mlaksanakn shalat berjamaah,
|
tahun pelajaran
|
||||
budaya bersih dan
upacara hari Senin (budaya tertib)
|
budaya bersih dan tertib (disiplin)
|
2014/ 2015
|
||||
Seragam sesuai
dengan ketentuan.
|
Dimasukkan ke dlm
kontrak mengajar.
|
|||||
4
|
Ulangan Harian
(UH)
|
Setiap guru mata
pelajaran harus mlaksana-
|
Adanya tindak
lanjut
|
> Guru
|
||
& Ulangan
Tengah
|
kan ulangan
harian yg mrupakan evaluasi
|
guru setelah
menganalisis
|
> Panitia UTS
|
|||
Semester (UTS)
|
proses dan evaluasi
keberhasilan.
|
hasil UH &
UTS
|
> PKM
Kurikulum
|
|||
Pengaturan
panitia UTS, UAS & UKK
|
Terbentuk panitia
sejak awal tahun
|
|||||
Pelajaran
|
||||||
5
|
Perbaikan /
|
Plaksanaan
prbaikan dilakukn di luar/dlm
|
Tercapainya
|
sepanjang
|
Guru
|
|
Remedial dan
|
jam
intrakurikuler baik secara individual
|
ketuntasan
belajar sesuai
|
tahun setelah
|
|||
Pengayaan
|
maupun klasikal
|
KKM
|
UH & UTS
|
|||
6
|
Pembagian Rapor
|
Setiap akhir
tengah semester, madrasah
|
Terdapatnya nilai
rapor
|
Wali Kelas
|
||
Ulangan
|
melaporkankan
hasil belajar siswa (LHBS)
|
tengah semester
|
Tata Usaha
|
|||
Tengah Semester
|
kepada orang tua
|
Panitia UTS
|
||||
7
|
Ulangan Akhir
|
- Setiap semester dilaksanakan ulangan
|
Terdapatnya nilai
rapor yang
|
Panitia
|
||
Semester (UAS)
|
umum semua mata pelajaran
|
dilaporkan kepada
orang tua/wali
|
||||
- Setiap guru mata pelajaran meng-input
|
||||||
nilaiakhir semester
|
||||||
8
|
Rapat Akhir
Semester
|
Stiap akhir
smester,pmbelajarn dievaluasi
|
- Adanya perubahan
|
> PKM
|
||
melalui rapat
dewan guru dengan agenda
|
strategi pembelajaran
|
Kurikulum
|
||||
rapat sbb :
|
yang lebih baik
|
> Pengendali
|
||||
a. Laporan wali
kelas
|
Mutu
|
|||||
b. Laporan BP/BK
|
||||||
c. Mnyimpulkan hambatn
proses pmblajarn
|
||||||
d. Menentukan
langkah perbaikan
|
||||||
penyempurnaan
|
||||||
e. Menentukan KKM
|
||||||
9
|
Laporan Ulangan
|
Panitia membuat
laporan pelaksanaan UTS, UAS &
|
Terdapatnya
laporan UTS/UAS
|
Seminggu
|
Panitia
|
|
Akhir Semester
|
ulangan praktek
|
hasil ulangan
praktek ditindaklanjuti
|
setelah UTS/UAS
|
|||
10
|
Pembagian Rapor
|
Akhir semester
ganjil, madrasah melaporkan
|
Orang tua
mengetahui hasil
|
Wali kelas
|
||
Semester Ganjil
|
hasil belajar
siswa (LHBS) kepada orang
|
belajar putra
putrinya
|
||||
Tua
|
||||||
11
|
Peningkatan Nilai
|
Menyusun program
intensitas pembelajaran
|
Tercapainya
peningkatan
|
Mulai
Nopember
|
> Panitia
|
|
UN, UAMBN &
UM
|
yang diujikan
dengan cara:
|
Nilai UN, UAMBN
& UM
|
&Semester
Genap
|
> PKM
|
||
- Mengadakan pelajaran tambahan
|
Kurikulum
|
|||||
- Mengadakan Drilling yang terprogram
|
||||||
- Khusus kelas IX SK/KD harus disele -
|
||||||
saikan pada bulan Februari 2015
|
||||||
- Mengadakan Try Out UN minimal 3x
|
||||||
12
|
Pelaksanaan UN,
|
Persiapan UN,
UAMBN & UM meliputi :
|
Terpenuhinya
persyaratan
|
Panitia
|
||
UAMBN & UM
|
Akhir semester
ganjil, sekolah melaporkan
|
dan lancarnya
pelaksanaan
|
Pelaksana
|
|||
a. Foto peserta
|
UN, UAMBN &
UM
|
|||||
c. Menyusun
jadual pengawas UN/UM
|
||||||
d. Menyusun
anggaran UN, UAMBN & UM
|
||||||
e. Membuat
program kerja UN, UAMBN &UM
|
||||||
f. Melaksanakan
tugas lain terkait
|
||||||
13
|
Rapat Kelulusan
|
Guru dan Wali
kelas menentukan kelulusan
|
Peserta didik dinyatakan
lulus/
|
Guru &
|
||
peserta didik
|
tidaknya
berdasarkan
|
Wali Kelas
|
||||
kriteria yang
berlaku
|
||||||
14
|
Menentukan
|
Kriteria kenaikan
kelas ditentukan berdasar-
|
Peserta didik
dinyatakan naik
|
Juli 2014
|
Semua Guru
|
|
Kriteria kenaikan
|
kan aturan dari pusat (PP.No.19 Tahun 2005
|
kelas berdasarkan
pertim-
|
||||
Kelas
|
pasal 72, ayat 1)
dan kesepakatan madrasah
|
bangan penilaian
satu tahun
|
||||
pelajaran, antara
lain :
|
||||||
1. Menyelesaikan
seluruh
|
||||||
mata pelajaran
|
||||||
2. Tidak memiliki
nilai di
|
||||||
bawah KKM > 3 mapel
|
||||||
3. Mapel Agama
(AA, QH
|
||||||
Fiqih,dan SKI), bhs. Indo, PKN)
|
||||||
harus lulus KKM
|
||||||
4. Nilai kelakuan
minimal C
|
||||||
15
|
Rapat Kenaikan
|
Kenaikan kelas dilaksanakan
setiap akhir
|
Semua peserta
didik telah
|
Semua Guru
|
||
Kelas
|
tahun pelajaran
dan rapor kenaikan kelas
|
dinyatakan
naik/tidak naik ke
|
||||
diberikan melalui
orang tua/wali peserta
|
tingkat
berikutnya
|
|||||
Didik
|
||||||
16
|
Pembagian rapor
|
Akhir semester
genap,madrasah mlaporkan
|
Orang tua
mengetahui hasil
|
Wali Kelas
|
||
hasil belajar
siswa (LHBS) kepada orang
|
belajar putra
putrinya
|
|||||
Tua
|
||||||
17
|
Peningkatan
|
a. Mengaktifkan
kegiatan MGMP tingkat
|
Guru semakin luas
wawasannya
|
min 4x dlm
|
Rumpun Guru
|
|
Profesionalisme
|
Madrasah dan KKM
|
dan siap menjadi
guru yang
|
setahun
|
mapel
|
||
Guru
|
b.
Mengikutsertakan guru dalam workshop
|
profesional
|
Sepanjang Tahun
|
|||
pelatihan, seminar, dll dengan syarat:
|
||||||
- Undangan harus ke Madrasah
|
||||||
- Ditunjuk oleh Kepala / Wakil
|
||||||
- Tidak mengganggu pembelajaran
|
||||||
c. Melaksanakan
rapat pembinaan minimal
|
Guru dan karyawan
|
Spanjang Tahun
|
Kepala/Wakil
|
|||
satu kali dalam tiga bulan
|
PKM
|
|||||
d. Pemantauan
kehadiran guru di kelas
|
Tata Usaha
|
|||||
e. Supervisi
akademik
|
Sesuai jadwal
|
Kep. Madrasah
&
|
||||
f. Pelatihan Bhs
Arab/Inggris
|
> Guru
terbiasa menggunakan bhs
|
Semester Ganjil
|
guru
|
|||
asing baik di
kelas maupun di luar
|
(Stlh Idul Fitri)
|
PKM
|
||||
Kelas
|
Kurikulum
|
|||||
g. Forum ilmiyah
Guru
|
> Guru mampu
berkontribusi dlm
|
Dua bulan sekali
|
||||
( di antaranya PTK)
|
kegiatan ilmiah
|
|||||
h. Pelatihan
program power point
|
Guru memiliki skill
dalam memanfa-
|
|||||
atkan TI sebagai
media pembelajaran
|
||||||
i. Muhadlarah
bahasa Arab/Inggris
|
Tiap hari Senin
|
|||||
j. Hari Bahasa
|
Bulanan
|
|||||
k.
Platihan/workshop mmbuat RPP Kurtilas
|
Juni 2014
|
|||||
l.. Platihan/workshop
mmbuat kisi-kisi soal
|
September 2014
|
|||||
m. Mengadakan
Lesson Study
|
Nopember 2014
|
|||||
18
|
Pengembangn bakat
|
a. Latihan olahraga
|
tiap hari Jumat
|
|||
dan minat
pendidik
|
b. Latihan seni
|
Temporer
|
||||
& tenaga kependidikan
|
c. Pentas seni
|
Satu tahun sekali
|
||||
dlm bidang
olahraga
|
d.
|
|||||
dan seni
|
||||||
19
|
Pengembangan
|
a. Kelompok
pencinta mata pelajaran
|
Bakat dan minat
peserta didik dapat
|
Tiap hari Kamis
|
Guru pembimbing
|
|
bakatdan minat
|
lebih dikembangkan
|
|||||
peserta didik
|
||||||
dan peningkatan
|
b.Seleksi peserta
Olimpiade mata pelajaran
|
Terpilihnya
peserta Olimpiade secara
|
Krklm &
Kesiswaan
|
|||
jiwa kompetitif
|
MIPA, PAI &
olahraga
|
Obyektif
|
||||
dlm bidang
keilmuan
|
c.Pembinaan/bimbingan
peserta Olimpiade
|
Peserta lebih
siap mengikuti
|
Guru pembimbing
|
|||
olahraga dan seni
|
Olimpiade
|
|||||
20
|
Peningkatan
|
a.
Mengidentifikasi kebutuhan buku paket,
|
Guru dan peserta
didik dapat meman-
|
Sepanjang tahun
|
Kepala
|
|
fungsi
perpustakaan
|
dan bacaan
penunjang lainnya (ensiklopedi,
|
faatkan sumber
pustaka untuk me-
|
Perpustakaan
|
|||
kamus, majalah,
dan koran untuk guru dan
|
ningkatkan
pengetahuan
|
Guru dan peserta
|
||||
peserta didik
|
didik
|
|||||
b. memotivasi
peserta didik untuk
|
||||||
mengunjungi
perpustakaan
|
BAB III
PELAKSANAAN PPL
A.
Mata Pelajaran
dan Materi Pokok yang Diajarkan
1.
Mata Pelajaran
yang Diajarkan
Sesuai ketentuan yang telah ditetapakn oleh Wakil Kepala Madrasah
bidang Kurikulum di sekolah yang bersangkutan dan bekerja sama dengan fakultas
(DPL), penulis diberi kesempatan untuk menyampaikan mata pelajaran Fiqih kelas
VII (tujuh).
2.
Materi Pokok
yang Disampaikan
Adapun materi pokok yang disampaikan penulis selama pelaksanaan Praktek Pengalaman
Lapangan adalah meliputi bahasa pokok tentang :
a.
Shalat Jum’at dan Khutbah Jum’at, meliputi :
ü Pengertian Shalat Jum’at
ü Dasar Hukum Shalat Jum’at
ü Sunah Pelaksanaan Shalat Jum’at
ü Syarat Shalat Jum’at
ü Khutbah Shalat Jum’at
ü Tata Cara Khutbah dan Shalat Jum’at
b.
Shalat Jama’, Qasar, Jama’ Qasar dan Shalat dalam
Keadaan Darurat, meliputi
ü Pengertian Shalat Jamak
ü Macam-macam dan Syarat Shalat Jamak
ü Tata Cara Shalat Jamak
ü Pengertian Shalat Qasar
ü Syarat-syarat Shalat Qasar
ü Perbedaab Shalat Jamak dan Shalat Qasar
ü Praktek Shalat Jamak dan Shalat Qasar
ü Pengertian Shalat dalam Keadaan Darurat
ü Tata Cara Shalat dalam Keadaan Sakit dan
Shalat dalam kendaraan
ü Praktek Shalat dalam Keadaan sakit dan
Shalat diatas Kendaraan
c.
Shalat Jenazah
ü Pengertian Shalat Jenazah
ü Dasar Hukum Shalat Jenazah
ü Syarat-syarat Shalat Jenazah
ü Tata Cara dan Praktek Shalat Jenazah
d.
Shalat Sunah Muakadah dan Ghairu Muakadah
ü Pengertian Shalat Sunah
ü Dalil dan Hikmah Shalat Sunah
ü Macam-macam Shalat Sunah
ü Tata Cara Shalat Sunah
B.
Sumber Belajar
yang Digunakan
Ada
beberapa buku sumber yang penulis jadikan sebagai pegangan selama pelaksanaan
PPL yang berkaiatan dengan materi,
diantaranya :
1.
Buku Paket Fiqih
kelas VII MTs
2.
Kitab Al-Quran
dan terjemah
3.
Internet
4.
Buku-buku lain yang menunjang
C.
Media
Pembelajaran yang Digunakan
1.
Video Pembelajaran
2.
Gambar - Gambar
3.
Kartu Materi
D.
Respon Siswa
dalam Pembelajaran
Respon peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran
tergantung pada metode dan media yang diterapkan oleh pendidik. Secara global
peserta didik yang dibimbing oleh penulis dalam proses pembelajaran responya baik dan sangat antusias.
E.
Evaluasi
Pembelajaran
Pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran, penulis melakukan evaluasi
dengan beberapa macam tes sesuai dengan kebutuhan, adapun hasil yang diperoleh
peserta didik bervariasi sesuai dengan kemampuan
peserta didik yang bervariatif, namun yang harus digaris bawahi adalah pada setiap
pertemuan, selalu ada perkembangan dan kemajuan di setiap peserta didik. Adapun macam-macam
evaluasi yang digunakan ialah :
1.
Tes Lisan
2.
Tes Tertulis
3.
Tugas Individu,
dan
4.
Kelompok
BAB
IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Dari beberapa penjelasan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wujud nyata bahawa Institut Agama
Islam Darussalam (IAID) Ciamis telah melaksanakan tugas dan perannya pada
masyarakat.
2.
PPL yang
dilaksanakan di MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis ini adalah sebuah langkah
nyata dan bukti adanya kerjasama yang sangat baik dan tak terpisahkan antara
satu sama lain.
3.
PPL merupakan
salah satu cara untuk mengukur kemampuan bagi para mahasiswa khususnya
mahasiswa Fakultas Tarbiyah mengenai siap atau tidaknya menjadi seorang guru
yang profesional.
4.
PPL tidak hanya
mengandalkan sisi teoritis semata, tetapi dituntut untuk melaksanakan sisi
praktiknya.
5.
Respon peserta
didik disekolah yang brsangkutan pada umumnya sangat baik dan antusias saat berlangsungnya proses pembelajaran.
B.
Saran
Terlepas dari semua yang telah dilaksanakan oleh penulis selaku
praktikan selama melaksanakan kegiatan PPL serta respon yang baik dari pihak
sekolah dan peserta didik, namun penulis menyadari masih banyak hal yang perlu
dipelajari dan diperbaiki agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, untuk itu
penulis berharap saran, masukan dan kritikan dari semua pihak terkait selama
penulis melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan sampai penulisan laporan. Hal
ini bertujuan untuk proses perbaikan kedepannya.
0 komentar:
Post a Comment