Monday, October 22, 2018

contoh Laporan PPL


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Pelaksanaan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) IAID Ciamis merupakan suatu program yang dirancang untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai keguruan secara utuh dan integratif. Pengetauan dan keterampilan keguruan, merupakan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh semua guru, mencakup penampilan melaksanakan tugas-tugas keguruan dan mensosialisasikanya di depan murid secara benar serta dapat dipertanggungjawabkan. Guru tidak hanya bertugas mentransfer pengetahuan kepada murid, tetapi harus menanamkan pengetahuan dan keterampilan tersebut kepada mereka dengan penuh tanggungjawab.
Praktek Pengalaman Lapangan merupakan muara dari semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh para mahasiswa di bangku kuliah sebelumnya. Praktek Pengalaman Lapangan inipun memberikan kesempatan kepada para peserta (sebagai calon guru) untuk mengenal secara empirik mengenai lapangan yang akan menjadi bidang tugasnya secara lebih akrab, guna menerapkan segala pengetahuan , keterampilan serta wawasan, sikap dan nilai yang sudah dibentuk oleh berbagai mata kuliah kedalam kelas yang sebenarnya.
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah merupakan harapan bagi dunia pendidikan, mereka sebagai calon guru akan menentukan baik atau tidaknya pendidikan, baik di sekolah maupun di masyarakat. Dalam proses pendidikan para guru diharapkan mampu memberikan pengajaran dan proses pembelajaran yang terbaik kepada  anak didik.
Untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru, maka salah satunya ialah dengan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan yang dilakukan di sekolah.
B.     Tujuan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk :
1.      Membentuk guru yang profesional, agar ilmu pengetahuan yang telah dimiliki oleh para mahasiswa, dapat diamalkan secara nyata dilapangan.
2.      Memperkenalkan mahasiswa terhadap lapangan kerjanya secara akrab, yang dikemudian hari akan menjadi tempat pengabdiannya.
3.      Membentuk mahasiswa agar mampu menampilkan kemampuan keguruan secara utuh dan integratif di depan peserta didik.
C.    Kegunaan PPL
Adapun manfaat/kegunaan yang dapat diambil dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk menambah pengalaman dalam mengajar.
2.      Dapat memberi pemahaman, wawasan dan pengetahuan dalam melakukan proses pembelajaran dalam suatau lembaga pendidikan.
3.      Untuk dapat lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru.



BAB II
KONDISI OBJEKTIF LOKASI PPL

A.    Identitas Madrasah
Nama Madrasah   : MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Jawa Barat
Alamat                 : Jl. Kyai Ahmad Fadlil I, Kampus Pondok Pesantren Darussalam Kandanggajah 06/13 Dewasari Kec.Cijeungjing
Kabupaten           : Ciamis
Provinsi                : Jawa Barat
Telepon/Faks        : (0265) 774277 - 773618
Alamat Surat        : Kotak Pos No. 2 Ciamis 46271
NSM                    : 1212320700
NPSN                   : 20278617
Tahun Berdiri       : 1969
Izin Operasional   : No. 117/C/H.15/1969
Izin Pendirian       : No. 02/Sek./A/H.15/BJG/1969
Satatus Madrasah : Swasta
Status Akreditasi : Terakreditasi A
Luas Tanah           : 7.566
Status Tanah        : Milik Pribadi
Status Bangunan  : Hak Guna Pakai
Luas Bangunan    : 1.525 m2
NPWP                  : 21.110.578.8-442.000
Penyelenggara     : Yayasan   Kesejahteraan   Pendidikan   Islam   Al-Fadliliyah
Kepala Madrasah : Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA., M.Ag.
B.     Visi, Misi dan Tujuan Sekolah/Madrasah
Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis adalah :
1.      Visi :
Mencetak Calon pemimpin yang mampu membaca situasi, cerdas, mandiri, dan mampu berbahasa asing.
2.      Misi :
ü Membangun keterampilan berbahasa asing.
ü Meningkatkan motivasi dan bakat individual
ü Membangun keterampilan memimpin
ü Menanamkan spiritual dalam sistem pembelajaran
ü Membentuk pribadi unggulan dalam keimanan, ilmu dan amal shaleh
3.      Tujuan :
Adapun tujuan MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis adalah sebagai berikut :
a.       Membentuk peserta didik yang menjungjung tinggi dan memiliki keunggulan kepribadian yang di dasari oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
b.      Membentuk peserta didik yang menjungjung tinggi dan memilki kemandirian dalam bersikap, bertindak dan berfikir akhlakul karimah.
c.       Menciptakan pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan.
d.      Menciptakan suasana kondusif dalam proses pembelajaran.
e.       Menyediakan sarana dan media pembelajaran yang efektif dan inovatif.
C.    Keadaan Siswa
Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis berasal dari berbagai daerah, baik di lingkup Kabupaten Ciamis maupun dari luar Kabupaten Ciamis. Adapun tinggalnya bagi yang jauh, sebagian besar tinggal di Pondok Pesantren Darussalam itu sendiri, akan tetapi ada juga yang tinggal di sekitar sekolah yang memang rumahnya berada di sekitar sekolah.
Berikut adalah data siswa selama 3 tahun terakhir yakni :
No
Kelas
Tahun Ajaran
2011/2012
2012/2013
2013/2014
1
VII
131
179
149
2
VIII
127
149
136
3
IX
117
111
140
Jumlah
375
439
425
D.    Keadaan Guru Dan Karyawan
Klasifikasi Guru dan Tenaga Kependidikan
Jumlah Guru/Tenaga Kependidikan
Ket.
Yang ada
Yang dibutuhkan
Guru Tetap PNS
2 Orang
Penambahan guru PNS dan tenaga Kependidikan PNS sampai jumlah ideal.

Guru Tetap Yayasan
35 Orang
Guru Tidak Tetap/Guru Bantu
-
Guru PNS Dipekerjakan ( DPK)
-
Staf Tata Usaha
7 Orang
Penjaga Sekolah
1 Orang



Pimpinan, Wakil Kepala, Guru, Karyawan dan Komite Madrasah:
1.      Kepala Madrasah
Nama                        : Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, MBA., M.Ag.
Pendidikan                : S.3 UPI Bandung
Jurusan/konsentrasi   : Pendidikan Nilai/Umum
2.      Wakil Kepala
a.       Wkl. Kepala Bidang Kurikulum            : Juju Julaeha, M.Pd.I
b.      Wkl. Kepala Bidang Sarana/Prasarana  : Siti Aminah, S.Ag
c.       Wkl. Kepala Bidang Kesiswaan            : Arni Munawwaroh, M.Pd.I
d.      Wkl. Kepala Bidang Humas                  : Nur Aenil Azid, S.Ag.
e.       BP/BK                                                   : Deni Kuswandi, S.Pd.I
3.      Jumlah Guru/Tenaga Pengajar                      : 35
4.      Karyawan/Tata Usaha
a.       Kepala Urusan Tata Usaha                    : Saepurrohman, M.Pd.I
b.      Bendahara                                              : Faidaturrochmah, M.Pd.I
c.       Administrasi/Persuratan                         : Umar, S. Pd.I
d.      Administrasi Kesiswaan                        : Anas Ma’ruf, S.Ag.,S.Kom.
e.       Administrasi Kepegawaian                    : Nur Aenil Azid, S.Ag.
f.       Urusan Rumah Tangga                          : N. Keneng Qori’ah, M.Pd.I
g.      Administrasi Umum                        : Aning Nurazijah, S.Pd.I
h.      Urusan Perpustakaan                             : Sair, S.Pd.I

5.      Komite/Majelis Madrasah
a.       Ketua Komite                                  : Drs. Undang Suherman
b.      Sekretaris Komite                            : Kiswanda, M. Pd.
c.       Bendahara                                        : Imas Siti Rohmah, S. H.I
d.      Anggota                                           : - Drs. H. Enda Rahlan
                                                                          - Ede Syahidin, M. Pd. I
                                                                          - Otong
E.     Sarana dan Prasarana Pendidikan
Jenis
Jml Ruang yg ada
Kondisi
Katagori Kerusakan
Ket.
Baik
Rusak
Ruang Kepala Sekolah
1
1



Ruang Guru
1

1


Ruang Kelas Bejar
14
10
4

Perlu Penambahan
Ruang Perpustakaan
-




Ruang Lab IPA
1

1


Ruang Keterampilan
-



Lab.Bahasa
1
1


Lab.Komputer
1

1

Perlu dibangun
Ruang Serbaguna
-



Perlu dibangun
Jumlah dan Kondisi Buku:
Jenis Buku
Jumlah
(eksp.)
Kondisi Buku
B
R
RB
Buku Paket
446
213
132
101
Buku Penunjang
321
120
112
89
Buku Fiksi
246
240
6
-
            Ket.     B = Baik,         R = Rusak,      RB = Rusak Berat
Sebagai gambaran umum kondisi MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis pada Tahun Pelajarn 2014/2015 adalah sebagai berikut :
1.      Tanah.
a.           Luas tanah seluruhnya                                                 = 4.253 m2
b.          Luas tanah yang dipakai bangunan                             = 1.935 m2
c.           Jumlah rombongan Belajar 10 rombel             = 729 m2
d.          Ruang Perpustakaan                                        Luas    = 54 m2
e.           Ruang Laboratorium IPA                               Luas    = 42 m2
f.           Ruang Tata Usaha                                           Luas    = 54 m2
g.          Ruang Guru                                                     Luas    = 108 m2
h.          Kamar mandi / WC Kepala                             Luas    =  6 m2
i.            Kamar mandi / WC Guru                                Luas    = 6 m2
j.            Kamar mandi / WC Siswa Laki-laki               Luas    = 12 m2
k.          Kamar mandi / WC Siswa Perempuann          Luas    = 12 m2
l.            Masjid                                                             Luas    = 112 m2
2.      Rombongan Belajar.
a.       Kelas VII           = 5 Rombel
b.      Kelas VIII         = 5 Rombel
c.       Kelas IX            = 5 Rombel
3.      Waktu Belajar           = 07.00 – 13.20 WIB (8 jam pelajaran)
4.      Tenaga Pendidik                   = 35 orang
5.      Tenaga Tata Usaha               = 7 orang
F.     Program Kerja Sekolah atau Madrasah
1.      Program kerja kesiswaan
a.       Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
Pelaksanaan kegiatan penerimaan peserta didik baru dilaksanakan sesuai program penerimaan peserta didik baru yang dilaksanakan oleh pesantren Darussalam.
Urutan kegiatan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru :
1)      Rapat pembentukan panitia
2)      Rapat persiapan pelaksanaan kegiatan (PPDB)
3)      Pengadaan kebutuhan administrasi kegiatan
4)      Penyampaian surat pemberitahuan ke SD/MI
5)      Pelaksanaan sosialisasi
6)      Pendaftaran (Seleksi Administrasi)
7)      Pelaksanaan seleksi
8)      Pengumuman peserta didik yang diterima

9)      Daftar ulang peserta didik yang diterima
10)  Pelaporan
b.      Tassalam (Ta’aruf Santri Darussalam)
Pengenalan kondisi sekolah yang dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Tassalam, didalamnya terdiri beberapa kegiatan diantaranya :
1)      Materi Tassalam
2)      Pengenalan Pondok Pesantren Darussalam
3)      Lingkungan Hidup
4)      Organisasi
5)      Keagamaan
6)      Upacara bendera
7)      Olahraga
8)      Kesenian
9)      Ekstrakurikuler
10)  Pemeriksaan Kesehatan
11)  Kepramukaan
12)  Pemilihan Ekstrakurikuler
c.       Pembuatan/Revisi Buku Tatakrama Siswa
Pelaksanaan penilaian kedisiplinan peserta didik (buku pribadi)
d.      Pembuatan kartu Osis
Kartu anggota Osis yang dilaksanakan di MTs Al-Fadliliyah Darussalam sebagai kartu pelajar
e.       Pemilihan Ketua Osis
Pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua Osis dan perangkatnya dilaksanakan pada semester pertama dengan panitia pelaksananya Osis yang mau lengser.
Pelaksanaan kegiatan :
1)      Pembentukan panitia
2)      Pendaftaran calon
3)      Wawancara calon
4)      Kampanye calon
5)      Pemilihan
6)      Pelantikan
f.       Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
Kegiatan yang dilaksanakan sebagai pembekalan bagi pengurus osis baru dalam menjalankan organisasi
g.      Melaksanakan rapat rutin osis dengan Pembina
Pelaksanaan rapat rutin dilaksanakan minimal satu kali dalam sebulan dengan tujuan untuk mengevaluasi sejauhmana program kegiatan yang dapat dilaksanakan.
h.      Pembinaan siswa
1)      Pembinaan kebangsaan dan cinta tanah air
Melalui upacara bendera dan Peringatan Hari Besar Nasional
2)      Pembinaan kesehatan
Pembinaan bagi peserta didik yaitu tentang pelaksanaan kesehatan merawat diri dan lingkungan
3)      Pembinaan tentang narkoba dan kenakalan remaja
Dalam pembinaan narkoba dan kenakalan remaja dengan cara mengundang dari BNK / Kepolisian/Narasumber yang terkait.
4)      Pembinaan keagamaan
-          Tadarus sebelum KBM
-          Kegiatan shalat duha
-          Kultum
-          Shalat duhur berjamaah
-          Peringatan hari besar Islam
-          Muhadarah
-          Mufhrodat
-          Muhasabah
i.        Keorganisasian
Upaya melatih dan meningkatkan wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai kesempatan peserta didik dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah diagendakan oleh sekolah, yang meliputi penyelenggaraan berbagai macam kepanitian turnamen bola voly, class meeting, dll.


j.        Kepemimpinan
Berbagai kegiatan yang diagendakan oleh sekolah guna mengoptimalkan kemampuan peserta didik yang berorientasi pada kegiatan kepemimpinan, meliputi kepramukaan, BSM, Paskibra, Kultum, Imam Shalat Duhur, Latihan dasar Kepemimpinan Siswa (Pengurus Osis dan Majelis perwakilan kelas)
k.      Pengembangan diri
Kegiatan yang berorientasi pada upaya pengembangan diri peserta didik yang diprogramkan untuk diikuti oleh peserta didik adapun kegiatan tersebut :
1)      Pengembangan diri akademis :
-          Matematika Club
-          Biologi  Club
-          Fisika Club
-          PAI Club
-          IPS Club
-          Inggris Club
-          ICT Club

2)      Pengembangan diri non akademis (bakat dan minat yang meliputi bidang olahraga dan kesenian :
-          Basket
-          Bola Voly
-          Sepakbola
-          Tenis Meja
-          Karate
-          Paduan Suara
-          Karawitan
-          Paskibra
-          BSM
-          Pramuka
-          Jurnalistik
-          Marawis
-          Angklung
-          Drumband
-          Tari Saman
-          Bulu Tangkis
-          Teater

2.      Program kerja kurikulum
NO
KEGIATAN
URAIAN
TARGET
WAKTU
PELAKSANA


1
Pembagian tugas
> Pembagian tugas mengajar dan
Guru mengajar sesuai
Juli 2014
> PKM Urusan


mengajar
penyusunan jadual pelajaran
dengan tugas dan jadualnya

Kurikulum



> Penyusunan program tutorial untuk


> Koordinator



KPB


KPB








2
Penyusunan
Setiap guru diwajibkan membuat
Setiap guru memiliki
Juli 2014
Guru


Administrasi
administrasi pembelajaran sebagai berikut
kejelasan arah & tujuan




Pembelajaran
 - Program tahunan
pembelajaran





 - Program semester






Pemetaan SK & KD






KKM






 - Silabus






 - RPP






Kontrak belajar






Analisis ketuntasan




3
Pembiasaan
> Mlaksanakn tadarus al-Quran,shalat Duha,shalat
Pendidik dan tenaga kependidikan
Sepanjang




zhuhur brjamaah,puasa sunat Senin&Kamis,
trbiasa mlaksanakn shalat berjamaah,
tahun pelajaran




budaya bersih dan upacara hari Senin (budaya tertib)
 budaya bersih dan tertib (disiplin)
2014/ 2015




Seragam sesuai dengan ketentuan.
Dimasukkan ke dlm kontrak mengajar.



4
Ulangan Harian (UH)
Setiap guru mata pelajaran harus mlaksana-
Adanya tindak lanjut

> Guru


& Ulangan Tengah
kan ulangan harian yg mrupakan evaluasi
guru setelah menganalisis

> Panitia UTS


Semester (UTS)
proses dan evaluasi keberhasilan.
hasil UH & UTS

> PKM Kurikulum










Pengaturan panitia UTS, UAS & UKK
Terbentuk panitia sejak awal tahun






Pelajaran



5
Perbaikan /
Plaksanaan prbaikan dilakukn di luar/dlm
Tercapainya
sepanjang
Guru


Remedial dan
jam intrakurikuler baik secara individual
ketuntasan belajar sesuai
tahun setelah



Pengayaan
maupun klasikal
KKM
UH & UTS









6
Pembagian Rapor
Setiap akhir tengah semester, madrasah
Terdapatnya nilai rapor

Wali Kelas


Ulangan
melaporkankan hasil belajar siswa (LHBS)
tengah semester

Tata Usaha


Tengah Semester
kepada orang tua


Panitia UTS

7
Ulangan Akhir
 - Setiap semester dilaksanakan ulangan
Terdapatnya nilai rapor yang

Panitia


Semester (UAS)
    umum semua mata pelajaran
dilaporkan kepada orang tua/wali





 - Setiap guru mata pelajaran meng-input






    nilaiakhir semester


















8
Rapat Akhir Semester
Stiap akhir smester,pmbelajarn dievaluasi
 - Adanya perubahan

> PKM



melalui rapat dewan guru dengan agenda
    strategi pembelajaran

    Kurikulum



rapat sbb :
    yang lebih baik

> Pengendali



a. Laporan wali kelas


Mutu



b. Laporan BP/BK






c. Mnyimpulkan hambatn proses pmblajarn






d. Menentukan langkah perbaikan






    penyempurnaan






e. Menentukan KKM




9
Laporan Ulangan
Panitia membuat laporan pelaksanaan UTS, UAS &
Terdapatnya laporan UTS/UAS
Seminggu
Panitia


Akhir Semester
ulangan praktek
hasil ulangan praktek ditindaklanjuti
setelah UTS/UAS


10
Pembagian Rapor
Akhir semester ganjil, madrasah  melaporkan
Orang tua mengetahui hasil

Wali kelas


Semester Ganjil
hasil belajar siswa (LHBS) kepada orang
belajar putra putrinya





Tua











11
Peningkatan Nilai
Menyusun program intensitas pembelajaran
Tercapainya peningkatan
Mulai Nopember
> Panitia


UN, UAMBN & UM
yang diujikan dengan cara:
Nilai UN, UAMBN & UM
&Semester Genap
> PKM



 - Mengadakan pelajaran tambahan


Kurikulum



 - Mengadakan Drilling yang terprogram






 - Khusus kelas IX SK/KD harus disele -






    saikan pada bulan Februari 2015






 - Mengadakan Try Out UN minimal 3x











12
Pelaksanaan UN,
Persiapan UN, UAMBN & UM meliputi :
Terpenuhinya persyaratan

Panitia


UAMBN & UM
Akhir semester ganjil, sekolah melaporkan
dan lancarnya pelaksanaan

Pelaksana



a. Foto  peserta
UN, UAMBN & UM





c. Menyusun jadual pengawas  UN/UM






d. Menyusun anggaran UN, UAMBN & UM






e. Membuat program kerja UN, UAMBN &UM






f. Melaksanakan tugas lain terkait











13
Rapat Kelulusan
Guru dan Wali kelas menentukan kelulusan
Peserta didik dinyatakan lulus/

Guru &



peserta didik
tidaknya berdasarkan

Wali Kelas




kriteria yang berlaku



14
Menentukan
Kriteria kenaikan kelas ditentukan berdasar-
Peserta didik dinyatakan naik
Juli 2014
Semua Guru


Kriteria kenaikan
kan  aturan dari pusat (PP.No.19 Tahun 2005
kelas berdasarkan pertim-




Kelas
pasal 72, ayat 1) dan kesepakatan madrasah
bangan penilaian satu tahun






pelajaran, antara lain :






1. Menyelesaikan seluruh






    mata pelajaran






2. Tidak memiliki nilai di






    bawah KKM > 3 mapel






3. Mapel Agama (AA, QH






    Fiqih,dan SKI), bhs. Indo, PKN)






harus lulus KKM






4. Nilai kelakuan minimal C










15
Rapat Kenaikan
Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir
Semua peserta didik telah

Semua Guru


Kelas
tahun pelajaran dan rapor kenaikan kelas
dinyatakan naik/tidak naik ke





diberikan melalui orang tua/wali peserta
tingkat berikutnya





Didik




16
Pembagian rapor
Akhir semester genap,madrasah mlaporkan
Orang tua mengetahui hasil

Wali Kelas



hasil belajar siswa (LHBS) kepada orang
belajar putra putrinya





Tua




17
Peningkatan
a. Mengaktifkan kegiatan MGMP tingkat
Guru semakin luas wawasannya
 min 4x dlm
Rumpun Guru


Profesionalisme
    Madrasah dan KKM
dan siap menjadi guru yang
setahun
mapel


Guru
b. Mengikutsertakan guru dalam workshop
profesional
Sepanjang Tahun




    pelatihan, seminar, dll dengan syarat:






    - Undangan harus ke Madrasah






    - Ditunjuk oleh Kepala / Wakil






    - Tidak mengganggu pembelajaran






c. Melaksanakan rapat pembinaan minimal
Guru dan karyawan
Spanjang Tahun
Kepala/Wakil



   satu kali dalam tiga bulan


PKM



d. Pemantauan kehadiran guru di kelas


Tata Usaha



e. Supervisi akademik

Sesuai jadwal
Kep. Madrasah &



f. Pelatihan Bhs Arab/Inggris
> Guru terbiasa menggunakan bhs
Semester Ganjil
guru




asing baik di kelas maupun di luar
(Stlh Idul Fitri)
PKM




Kelas

Kurikulum



g. Forum ilmiyah Guru
> Guru mampu berkontribusi dlm
Dua bulan sekali




    ( di antaranya PTK)
kegiatan ilmiah





h. Pelatihan program power point
Guru memiliki skill dalam memanfa-






atkan TI sebagai media pembelajaran





i. Muhadlarah bahasa Arab/Inggris

Tiap hari Senin




j.  Hari Bahasa

Bulanan











k. Platihan/workshop mmbuat RPP Kurtilas

Juni 2014




l.. Platihan/workshop mmbuat kisi-kisi soal

September 2014




m. Mengadakan Lesson Study

Nopember 2014









18
Pengembangn bakat
a.  Latihan olahraga

tiap hari Jumat



dan minat pendidik
b.  Latihan seni

Temporer



& tenaga kependidikan
c.  Pentas seni

Satu tahun sekali



dlm bidang olahraga
d. 





dan seni





19
Pengembangan
a. Kelompok pencinta mata pelajaran
Bakat dan minat peserta didik dapat
Tiap hari Kamis
Guru pembimbing


bakatdan minat

lebih dikembangkan




peserta didik






dan peningkatan
b.Seleksi peserta Olimpiade mata pelajaran
Terpilihnya peserta Olimpiade secara

Krklm & Kesiswaan


jiwa kompetitif
MIPA, PAI & olahraga
Obyektif




dlm bidang keilmuan
c.Pembinaan/bimbingan peserta Olimpiade
Peserta lebih siap mengikuti

Guru pembimbing


olahraga dan seni

Olimpiade
























20
Peningkatan
a. Mengidentifikasi kebutuhan buku paket,
Guru dan peserta didik dapat meman-
Sepanjang tahun
Kepala


fungsi perpustakaan
dan bacaan penunjang lainnya (ensiklopedi,
faatkan sumber pustaka untuk me-

Perpustakaan



kamus, majalah, dan koran untuk guru dan
ningkatkan pengetahuan

Guru dan peserta



peserta didik


didik



b. memotivasi peserta didik untuk






mengunjungi perpustakaan








BAB III
PELAKSANAAN PPL
A.    Mata Pelajaran dan Materi Pokok yang Diajarkan
1.      Mata Pelajaran yang Diajarkan
Sesuai ketentuan yang telah ditetapakn oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum di sekolah yang bersangkutan dan bekerja sama dengan fakultas (DPL), penulis diberi kesempatan untuk menyampaikan mata pelajaran Fiqih kelas VII (tujuh).
2.      Materi Pokok yang Disampaikan
Adapun materi pokok yang disampaikan penulis selama pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan adalah meliputi bahasa pokok tentang :
a.       Shalat Jum’at dan Khutbah Jum’at, meliputi :
ü  Pengertian Shalat Jum’at
ü  Dasar Hukum Shalat Jum’at
ü  Sunah Pelaksanaan Shalat Jum’at
ü  Syarat Shalat Jum’at
ü  Khutbah Shalat Jum’at
ü  Tata Cara Khutbah dan Shalat Jum’at
b.      Shalat Jama’, Qasar, Jama’ Qasar dan Shalat dalam Keadaan Darurat, meliputi
ü  Pengertian Shalat Jamak
ü  Macam-macam dan Syarat Shalat Jamak
ü  Tata Cara Shalat Jamak
ü  Pengertian Shalat Qasar
ü  Syarat-syarat Shalat Qasar
ü  Perbedaab Shalat Jamak dan Shalat Qasar
ü  Praktek Shalat Jamak dan Shalat Qasar
ü  Pengertian Shalat dalam Keadaan Darurat
ü  Tata Cara Shalat dalam Keadaan Sakit dan Shalat dalam kendaraan
ü  Praktek Shalat dalam Keadaan sakit dan Shalat diatas Kendaraan
c.       Shalat Jenazah
ü  Pengertian Shalat Jenazah
ü  Dasar Hukum Shalat Jenazah
ü  Syarat-syarat Shalat Jenazah
ü  Tata Cara dan Praktek Shalat Jenazah
d.      Shalat Sunah Muakadah dan Ghairu Muakadah
ü  Pengertian Shalat Sunah
ü  Dalil dan Hikmah Shalat Sunah
ü  Macam-macam Shalat Sunah
ü  Tata Cara Shalat Sunah
B.     Sumber Belajar yang Digunakan
Ada beberapa buku sumber yang penulis jadikan sebagai pegangan selama pelaksanaan PPL yang berkaiatan dengan materi, diantaranya :
1.      Buku Paket Fiqih kelas VII MTs
2.      Kitab Al-Quran dan terjemah
3.      Internet
4.      Buku-buku lain yang menunjang
C.    Media Pembelajaran yang Digunakan
1.      Video Pembelajaran
2.      Gambar - Gambar
3.      Kartu Materi
D.    Respon Siswa dalam Pembelajaran
Respon peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran tergantung pada metode dan media yang diterapkan oleh pendidik. Secara global peserta didik yang dibimbing oleh penulis dalam proses pembelajaran responya baik dan sangat antusias.
E.     Evaluasi Pembelajaran
Pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran, penulis melakukan evaluasi dengan beberapa macam tes sesuai dengan kebutuhan, adapun hasil yang diperoleh peserta didik  bervariasi sesuai dengan kemampuan peserta didik yang bervariatif, namun yang harus digaris bawahi adalah pada setiap pertemuan, selalu ada perkembangan dan kemajuan di setiap peserta didik. Adapun macam-macam evaluasi yang digunakan ialah :
1.      Tes Lisan
2.      Tes Tertulis
3.      Tugas Individu, dan
4.      Kelompok


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
Dari beberapa penjelasan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1.      Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wujud nyata bahawa Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis telah melaksanakan tugas dan perannya pada masyarakat.
2.      PPL yang dilaksanakan di MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis ini adalah sebuah langkah nyata dan bukti adanya kerjasama yang sangat baik dan tak terpisahkan antara satu sama lain.
3.      PPL merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah mengenai siap atau tidaknya menjadi seorang guru yang profesional.
4.      PPL tidak hanya mengandalkan sisi teoritis semata, tetapi dituntut untuk melaksanakan sisi praktiknya.
5.      Respon peserta didik disekolah yang brsangkutan pada umumnya sangat baik dan antusias saat berlangsungnya proses pembelajaran.
B.     Saran
Terlepas dari semua yang telah dilaksanakan oleh penulis selaku praktikan selama melaksanakan kegiatan PPL serta respon yang baik dari pihak sekolah dan peserta didik, namun penulis menyadari masih banyak hal yang perlu dipelajari dan diperbaiki agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, untuk itu penulis berharap saran, masukan dan kritikan dari semua pihak terkait selama penulis melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan sampai penulisan laporan. Hal ini bertujuan untuk proses perbaikan kedepannya.






0 komentar:

Post a Comment