Wednesday, January 09, 2019

RPP Al Qur'an dan Hadis matteri pokok Memahami ketentuan hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), dan al-Kafirun (109) serta al-Qur’an surat-surat pendek pilihan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KE-2

            SATUAN PENDIDIKAN     : MTs.NEGERI KAWALI
            MATA PELAJARAN            : QUR’AN HADIS
            KELAS/ SEMESTER            : VII (TUJUH)/ II
                                                  MATERI POKOK                  :KUNIKMATI KEINDAHAN AL-                                                                                                                     QUR’AN DENGAN TAJWID
            ALOKASI WAKTU : 1 TM (2X40 MENIT)

A.    KOMPETENSI INTI
KI   1   :  Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: mencoba, mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, m,enghitung, menggambar dan mengarang). SesuaI dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     KOMPETENSI DASAR
3.1       Memahami ketentuan hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah (98), dan al-Kafirun (109) serta al-Qur’an surat-surat pendek pilihan.
C.    INDIKATOR
3.1.4    mengidentifikasi hukum bacaan Qalqalah
3.1.5    menyimpulkan cara membaca bacaan Qalqalah
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa mampu mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah
2.      Siswa mampu menyimpulkan cara membaca bacaan qalqalah


E.     MATERI PEMBELAJARAN
Hukum bacaan qalqalah dalam surat al-Bayyinah dan surat al-Kafirun adalah bunyi huruf yang dibacakan dapat dipantulkan sehingga hukum yang terdapat dalam ilmu tajwidnya terbawa.
F.     METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode Diskusi, dan tanya jawab peserta didik menggunakan model pembelajaran reword and fanisment. Supaya siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran.
G.    MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Mushaf al-Qur’an
2.      Buku siswa qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 61, KURTILAS, Kemenag RI.
3.      Buku guru qur’an hadis kelas VII MTs, halaman 98, KURTILAS, Kemenag RI.
4.      Karton Reword and Fanisment
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan (20) menit
a.       Guru mengucapkan salam dan berdo’a bersama.
b.      Guru memeriksa kehadiran siswa, mengabsen, serta posisi duduk disesuaikan dengan pembelajaran,
c.       Guru melakukan ice breaking/intermezo
d.      Guru melakukan apersepsi terhadap materi yang telah diajarkan, supaya peserta didik mampu mengingat kembali dan menyambungkan dengan pelajaran yang akan diajarkan.
e.       Guru menyampaikan materi/ pokok bahasan yang akan disampaikan,
f.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti KBM.
g.      Guru mempersiapkan media, alat peraga/bantu, bisa berupa gambar/ yang lainnya. Namun disini guru menyiapkan kertas yang telah diberi nomor, kemudian dibagikan kepada peserta didik secara acak,
2.      Kegiatan Inti (40) Menit
a.       Mengamati
Mengamati penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah dalam Q.S Al- Bayyinah dan Q.S Al- Kafirun.
b.      Menanya
Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mampu mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan qalqalah.
c.       Mengeksplorasi
Siswa mencari lafadz atau bacaan yang mengandung hukum bacaan qalqalah dalam Q.S Al- Bayyinah dan Q.S Al- Kafirun.
d.      Mengasosiasi
Siswa mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah yang ada dalam al-Bayyinah dan al-Kafirun.
e.       Mengkomunikasikan
Siswa mempersentasikan hukum bacaan qalqalah yang terdapat dalam al-Bayyinah dan al-Kafirun.
3.      Penutup (20) Menit
a.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru melaksanakan penguatan materi.
c.       Guru memberikan reword and fanisment bagi siswa yang berhak mendapatkannya.
d.      Guru menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya.
e.       Guru bersama-sama dengan peserta didik menutup pembelajaran dengan berdo’a.
I.       PENILAIAN
a.       Penialaian Sikap

0 komentar:

Post a Comment