Tuesday, May 08, 2018

silabus pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas 4 SD kurikulum 2013


SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan           : SD Negeri 1 Sirnabaya
Kelas                                  : IV (Empat)
Kompetensi Inti                :

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4     :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.1    Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1    Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
3.1        Memahami Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar.
4.1.1      Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3      Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancar.

Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil
·      Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan memperhatikan makhraj hurufnya.
·      Mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Falaq dan al-Fil secara klasikal, kelompok atau individual.
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·      Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
·      Diskusi tentang arti Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
·      Diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
·      Menulis Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar secara individu.
·      Mencermati arti Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
·      Mencermati isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
·      Menyimpulkan kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru.

1.2    Meyakini Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
2.2    Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Allah itu ada.
3.2        Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
4.2        Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
Allah Swt. itu ada
·      Mencermati menyimak tentang Allah Swt. itu ada secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh tentang Allah Swt. itu ada secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah Swt. itu ada.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?
·      Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Swt. itu ada baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah Swt. itu ada.
·      Mengidentifikasi bukti tentang Allah itu ada.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Allah Swt. itu ada secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Allah Swt. itu ada Allah Swt. secara individual atau kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.3    Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Melihat, Maha Adil dan Maha Agung.
2.3    Menunjukkan sikap hati-hati, hormat dan kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
3.3        Memahami makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
4.3        Membaca al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim
·      Menyimak makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Mengamati lafal dan  arti al-Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal dan arti Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang    makna Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim Allah Swt. dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna Asmau al-Husna: Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.4    Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4    Menunjukkan sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.4        Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
4.4        Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
Iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Menyimak penjelasan  tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·      Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan kehidupan sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.5    Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
2.5    Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
3.5        Memahami makna iman kepada Rasul Allah.
4.5        Mencontohkan makna iman kepada Rasul Allah.
Iman kepada Rasul Allah
·      Menyimak penjelasan  tentang iman kepada Rasul Allah Swt. secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang iman kepada Rasul Allah Swt.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada Rasul Allah Swt.
·      Mendiskusikan tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt. baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt.
·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt. dengan kehidupan sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.6    Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
2.6    Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman.
3.6        Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
4.6        Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
Santun dan menghargai teman
·      Menyimak makna sikap santun dan menghargai teman.
·      Mengamati makna  sikap santun dan menghargai teman.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman.
·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·      Menghubungkan pelajaran tentang sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·      Menyampaikan hasil diskusi sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap santun dan menghargai teman.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.7    Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman.
2.7    Menunjukkan sikap rendah hati.
3.7        Memahami sikap rendah hati.
4.7        Mencontohkan sikap rendah hati.
Sikap rendah hati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap rendah hati.
·      Mengamati gambar tentang sikap rendah hati.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati.
·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap rendah hati.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap rendah hati.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap rendah hati dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap rendah hati.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap rendah hati.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.8    Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman.
2.8    Menunjukkan perilaku hemat.
3.8        Memahami perilaku hemat.
4.8        Mencontohkan perilaku hemat.
Perilaku hemat
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku hemat.
·      Mengamati gambar tentang perilaku hemat.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hemat.
·      Mengajukan pertanyaan tentang perilaku hemat.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku hemat.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hemat.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku hemat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hemat.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku hemat.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.9    Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
2.9    Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.9        Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
4.9        Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Makna perilaku jujur
·      Menyimak penjelasan tentang makna perilaku jujur.
·      Mengamati gambar tentang makna perilaku jujur.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku jujur.
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku jujur.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku jujur.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku jujur.
·      Menguhubungkan pelajaran tentan makna perilaku jujur dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna perilaku jujur.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna perilaku jujur.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.10  Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai cerminan dari iman.
2.10  Menunjukkan perilakuamanah dalam kehidupan sehari-hari.
3.10    Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
4.10    Mencontohkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
Makna perilaku amanah
·      Menyimak penjelasan tentang makna perilaku amanah.
·      Mengamati gambar tentang makna perilaku amanah.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku amanah.
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna perilaku amanah.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku amanah.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku amanah.
·      Menguhubungkan pelajaran tentan makna perilaku amanah dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna perilaku amanah.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna perilaku amanah.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.11  Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orangtuadan guru sebagai cerminan dari iman.
2.11  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtuadan guru.
3.11    Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.
4.11    Mencontohkanperilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah kewajiban kalian kepada orangtuamu?
·      Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·      Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·      Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·      Mengidentifikasi berbagai kegiatan tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara individual atau kelompok.
·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara individual maupun kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.12  Meyakini bahwa perilaku gemar membaca sebagai cerminan dari iman.
2.12  Menunjukkan sikap gemar membaca.
3.12    Memahami manfaat gemar membaca.
4.12    Menunjukkan perilaku gemar membaca.
Perilaku gemar membaca
·      Menyimak penjelasan tentang manfaat gemar membaca.
·      Mengamati gambar tentang perilaku gemar membaca.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.
·      Mengajukan pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang manfaat gemar membaca.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang manfaat gemar membaca.
·      Menguhubungkan pelajaran tentan manfaat gemar membaca dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat gemar membaca.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang manfaat gemar membaca.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.13  Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman
2.13  Menunjukkan sikap pantang menyerah.
3.13    Memahami makna sikap pantang menyerah.
4.13    Menunjukkan sikap pantang menyerah.
Makna sikap pantang menyerah
·      Menyimak penjelasan tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Mengamati gambar tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Menguhubungkan pelajaran tentanmakna sikap pantang menyerah dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna sikap pantang menyerah.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.14  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil.
2.14  Menunjukkan perilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
3.14    Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil  sesuai ketentuan syari’at Islam.
4.14    Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.

Tatacara bersuci dari hadas kecil
·      Menyimak tata cara bersuci dari hadas kecil. secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar contoh tata cara bersuci dari hadas kecil secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tata cara bersuci dari hadas kecil.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan bagaimana caranya bersuci dari hadas kecil?
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tata cara bersuci dari hadas kecil baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas kecil baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tata cara bersuci dari hadas kecil.
·      Mengidentifikasi tata cara bersuci dari hadas kecil.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tata cara bersuci dari hadas kecil.secara kelompok.
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tata cara bersuci dari hadas kecil secara individual atau kelompok.
·      Mempraktikkan/Menyimulasikan tata bersuci baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
1.15  Menjalankan salat dengan tertib.
2.15  Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat
3.15    Memahami makna ibadah salat.
4.3.1           Menunjukkan contoh makna ibadah salat.
4.3.2           Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

Makna ibadah salat
·      Menyimak makna ibadah salat.
·      Mengamati pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna ibadah salat.
·      Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah dalam perilaku sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
·      Menyampaikan hasil belajar tentang makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
1.16    Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
2.16    Menunjukkan sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub  a.s.
3.16        Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.4            Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·      Mengamati isi kisah Nabi Ayyub a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub a.s. 
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Ayyub a.s. yang hendak diteladani.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. (mengidentifikasi).
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s.  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ayyub a.s.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.17  Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
2.17  Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
3.17    Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
4.5        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
Kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·      Mengamati isi kisah Nabi Zulkifli a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Zulkifli a.s. 
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Zulkifli a.s. yang hendak diteladani.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s. (mengidentifikasi).
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Zulkifli a.s.  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Zulkifli a.s.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.18  Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
2.18  Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.18    Memahami kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.6        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
Kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
·      Mengamati isi kisah Nabi Harun a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Harun a.s. 
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Harun a.s. yang hendak diteladani.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Harun a.s. (mengidentifikasi).
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Harun a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Harun a.s.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.19  Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
2.19  Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
3.19    Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.7        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
Kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
·      Mengamati isi kisah Nabi Musa a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Musa a.s. 
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Musa a.s. yang hendak diteladani.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Musa a.s. (mengidentifikasi).
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Musa a.s.   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Musa a.s.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.20  Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.20  Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.20    Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.8        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
·      Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
·      Mengamati isi kisah Nabi Muhammad saw. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw. 
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Muhammad saw. yang hendak diteladani.
·      Secara kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Muhammad saw. (mengidentifikasi).
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari. 
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw.
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
1.21  Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah Swt.
2.21  Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo
3.21    Memahami kisah keteladanan Wali Songo.
4.9        Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo.
Kisah keteladanan Wali Songo
·      Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal atau individual.
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara individual atau kelompok.
·      Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara kelompok.
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

                                                  
                                                              Kepala Sekolah,



MUMU, S.Pd.
NIP:195903181982041001

......................., ...................................
Guru Bidang PAI





ELVA TRIANA, S.Pd.
                                          NIP:-

0 komentar:

Post a Comment