SILABUS
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Sirnabaya
Kelas :
IV (Empat)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan tartil.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama dan peduli
sebagai implementasi dari pemahaman makna Q.S. al-Falaq
dan Q.S. al-Fil.
3.1
Memahami
Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil
dengan baik dan benar.
4.1.1
Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan tartil.
4.1.2
Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar.
4.1.3
Menunjukkan hafalan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan lancar.
|
Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil
|
· Membaca Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan memperhatikan makhraj
hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
· Membaca secara berulang-ulang
sampai hafal Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan memperhatikan makhraj
hurufnya.
· Mendemontrasikan hafalan Q.S. al-Falaq dan al-Fil secara klasikal, kelompok atau individual.
· Memotivasi siswa bertanya,
misalnya: mengapa membaca al-Qur’ān harus dengan makhrijul huruf yang benar?
· Bagaimana jika kita salah membaca
makharijul huruf?
· Diskusi tentang arti Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
· Diskusi tentang isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
· Menulis Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan benar secara individu.
· Mencermati arti Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
· Mencermati isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
· Menyimpulkan kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil.
· Menyampaikan hasil diskusi tentang
arti dan isi kandungan Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil secara kelompok.
· Menanggapi hasil presentasi atau
diskusi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
· Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru.
|
1.2 Meyakini Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai
implementasi dari pemahaman Allah itu ada.
3.2
Memahami
Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar
rumah dan sekolah.
4.2
Melakukan
pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah
sebagai upaya mengenal Allah itu ada.
|
Allah Swt. itu ada
|
· Mencermati menyimak tentang Allah Swt.
itu ada secara klasikal, kelompok maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh tentang Allah Swt. itu ada secara klasikal atau individual.
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah Swt. itu ada.
· Mengajukan
pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?
·
Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Swt. itu
ada baik secara klasikal maupun kelompok.
· Membuat
rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah Swt. itu ada.
· Mengidentifikasi
bukti tentang Allah itu ada.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang Allah Swt.
itu ada secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
Allah Swt. itu ada Allah Swt. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.3 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha
Melihat, Maha Adil dan Maha Agung.
2.3 Menunjukkan sikap hati-hati, hormat dan
kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman makna al-Asmau al-Husna:
Al-Basir, Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
3.3
Memahami
makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
4.3
Membaca
al-Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
|
Al-Basir, Al-‘Adil, dan
Al-‘Azim
|
·
Menyimak makna al-Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
· Mengamati
lafal dan arti al-Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
· Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang lafal dan arti Al-Basir, Al-‘Adil, dan
Al-‘Azim.
· Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
· Membuat catata hasil diskusi
kelompok tentang makna Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·
Menguhubungkan tentang isi hasil
diskusi sifat Al-Basir, Al-‘Adil, dan
Al-‘Azim Allah Swt. dengan sikap manusia dalam perilaku
sehari-hari.
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang makna Asmau al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
· Menyampaikan hasil belajar tentang
lafal dan makna Asmau
al-Husna: Al-Basir,
Al-‘Adil, dan Al-‘Azim.
·
Membuat kesimpulan dengan
bimbingan guru.
|
1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat
Allah Swt.
2.4 Menunjukkan sikap patuh sebagai
implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah.
3.4
Memahami
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar.
4.4
Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah.
|
Iman kepada malaikat-malaikat Allah
|
·
Menyimak penjelasan tentang makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt. secara klasikal atau
individual.
·
Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik
secara klasikal atau individual.
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
· Mendiskusikan
isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mengidentifikasi tentang makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Menghubungkan kegiatan tentang makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman
kepada malaikat-malaikat Allah Swt. secara individual atau
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.5 Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
2.5 Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh
keimanan kepada para Rasul Allah Swt. yang tercermin dari perilaku kehidupan
sehari-hari.
3.5
Memahami
makna iman kepada Rasul Allah.
4.5
Mencontohkan
makna iman kepada Rasul Allah.
|
Iman kepada Rasul Allah
|
·
Menyimak penjelasan tentang iman kepada Rasul Allah Swt. secara
klasikal atau individual.
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang iman
kepada Rasul Allah Swt.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman
kepada Rasul Allah Swt.
· Mendiskusikan
tentang makna iman kepada Rasul Allah Swt. baik secara klasikal maupun
kelompok.
·
Mengidentifikasi tentang makna iman
kepada Rasul Allah Swt.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
makna iman kepada Rasul Allah Swt.
·
Menghubungkan kegiatan tentang makna iman
kepada Rasul Allah Swt. dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman
kepada Rasul Allah Swt. secara individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.6 Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai
teman sebagai cerminan dari iman.
2.6 Menunjukkan sikap santun dan menghargai
teman.
3.6
Memahami
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar.
4.6
Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat
sekitar.
|
Santun dan menghargai teman
|
·
Menyimak makna sikap santun dan menghargai
teman.
· Mengamati
makna sikap santun dan
menghargai teman.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman.
· Mengajukan
pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan sikap
santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·
Menghubungkan pelajaran tentang sikap
santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·
Menyampaikan hasil diskusi sikap
santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
santun dan menghargai teman.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.7 Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai
cerminan dari iman.
2.7 Menunjukkan sikap rendah hati.
3.7
Memahami
sikap rendah hati.
4.7
Mencontohkan
sikap rendah hati.
|
Sikap rendah hati
|
·
Menyimak penjelasan tentang sikap
rendah hati.
· Mengamati
gambar tentang sikap rendah hati.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang sikap rendah hati.
· Mengajukan
pertanyaan tentang sikap rendah hati.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
rendah hati.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
rendah hati.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap
rendah hati dengan sikap dan
perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap rendah
hati.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
rendah hati.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.8 Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai
cerminan dari iman.
2.8 Menunjukkan perilaku hemat.
3.8
Memahami
perilaku hemat.
4.8
Mencontohkan
perilaku hemat.
|
Perilaku hemat
|
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku hemat.
· Mengamati
gambar tentang perilaku hemat.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang perilaku hemat.
· Mengajukan
pertanyaan tentang perilaku hemat.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku hemat.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku hemat.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku hemat dengan sikap dan
perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku hemat.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku hemat.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.9 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai
cerminan dari iman.
2.9 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
3.9
Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
4.9
Mencontohkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.
|
Makna perilaku jujur
|
·
Menyimak penjelasan tentang makna perilaku jujur.
· Mengamati
gambar tentang makna perilaku jujur.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang makna perilaku jujur.
· Mengajukan
pertanyaan tentang makna perilaku jujur.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku jujur.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku jujur.
·
Menguhubungkan pelajaran tentan makna perilaku jujur dengan sikap
dan perilaku warga sekolah
sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna perilaku jujur.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna perilaku jujur.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.10 Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai
cerminan dari iman.
2.10 Menunjukkan perilakuamanah dalam kehidupan sehari-hari.
3.10
Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
4.10
Mencontohkan
perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Makna perilaku amanah
|
·
Menyimak penjelasan tentang makna perilaku amanah.
· Mengamati
gambar tentang makna perilaku amanah.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang makna perilaku amanah.
· Mengajukan
pertanyaan tentang makna perilaku amanah.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna perilaku amanah.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang makna perilaku amanah.
·
Menguhubungkan pelajaran tentan makna perilaku amanah dengan
sikap dan perilaku warga sekolah
sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna perilaku amanah.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna perilaku amanah.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.11 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh
kepada orangtuadan guru sebagai cerminan dari iman.
2.11 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orangtuadan guru.
3.11 Memahami
makna perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru.
4.11
Mencontohkanperilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru.
|
Hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru
|
·
Menyimak penjelasan pentingnya memiliki
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara klasikal atau
individual.
· Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah
kewajiban kalian kepada orangtuamu?
·
Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru.
·
Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru.
·
Mendiskusikan isi gambar perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru baik secara klasikal
maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·
Mengidentifikasi berbagai kegiatan tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
secara individual atau kelompok.
·
Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
secara individual maupun kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.12 Meyakini bahwa perilaku gemar membaca
sebagai cerminan dari iman.
2.12 Menunjukkan sikap gemar membaca.
3.12
Memahami manfaat gemar membaca.
4.12
Menunjukkan perilaku gemar membaca.
|
Perilaku gemar membaca
|
·
Menyimak penjelasan tentang manfaat gemar membaca.
· Mengamati
gambar tentang perilaku gemar membaca.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.
· Mengajukan
pertanyaan tentang manfaat gemar membaca.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang manfaat gemar membaca.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang manfaat gemar membaca.
·
Menguhubungkan pelajaran tentan manfaat gemar membaca dengan
sikap dan perilaku warga sekolah
sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat gemar membaca.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang manfaat gemar membaca.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.13 Meyakini bahwa sikap pantang menyerah
sebagai cerminan dari iman
2.13 Menunjukkan sikap pantang menyerah.
3.13
Memahami makna sikap pantang menyerah.
4.13
Menunjukkan sikap pantang menyerah.
|
Makna sikap pantang menyerah
|
·
Menyimak penjelasan tentang makna sikap pantang menyerah.
· Mengamati
gambar tentang makna sikap pantang menyerah.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.
· Mengajukan
pertanyaan tentang makna sikap pantang menyerah.
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang
makna sikap pantang menyerah.
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang
makna sikap pantang menyerah.
·
Menguhubungkan pelajaran tentanmakna sikap pantang menyerah dengan
sikap dan perilaku warga sekolah
sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang makna sikap pantang menyerah.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang makna sikap pantang menyerah.
· Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.14 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam
bersuci dari hadas kecil.
2.14 Menunjukkan perilaku bersih sebagai
implementasi dari pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
3.14 Memahami tata cara bersuci dari
hadas kecil sesuai ketentuan syari’at
Islam.
4.14 Mempraktikkan tata cara bersuci
dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam.
|
Tatacara bersuci dari hadas kecil
|
·
Menyimak tata cara bersuci dari hadas
kecil. secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar contoh tata cara
bersuci dari hadas kecil secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tata cara bersuci dari hadas kecil.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan
bagaimana caranya bersuci dari hadas kecil?
·
Mendiskusikan isi gambar contoh tata cara
bersuci dari hadas kecil baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadas
kecil baik secara klasikal maupun kelompok.
· Membuat
rumusan hasil diskusi tentang tata cara
bersuci dari hadas kecil.
· Mengidentifikasi
tata cara bersuci dari hadas kecil.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tata cara
bersuci dari hadas kecil.secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
contoh tata cara bersuci dari hadas kecil secara individual atau
kelompok.
·
Mempraktikkan/Menyimulasikan tata bersuci baik
secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi,
menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.15 Menjalankan salat dengan tertib.
2.15 Menunjukkan sikap disiplin sebagai
implementasi dari pemahaman makna ibadah salat
3.15 Memahami
makna ibadah salat.
4.3.1
Menunjukkan contoh makna ibadah salat.
4.3.2
Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan
sekitar rumah.
|
Makna ibadah salat
|
·
Menyimak makna ibadah salat.
· Mengamati
pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang makna ibadah salat.
· Mengajukan
pertanyaan tentang pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid
lingkungan sekitar rumah.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikan tentang makna ibadah salat
dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah.
· Membuat
catata hasil diskusi kelompok tentang makna ibadah salat
dan pengalaman melaksanakan salat di
rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·
Menguhubungkan tentang isi hasil
diskusi tentang makna ibadah
salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar
rumah dalam perilaku sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang
makna ibadah salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid
lingkungan sekitar rumah
·
Menyampaikan hasil belajar tentang makna ibadah
salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan
sekitar rumah
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub
a.s.
2.16 Menunjukkan sikap sabar sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.16
Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.4
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
|
Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
· Mengamati
isi kisah Nabi Ayyub a.s. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub
a.s.
· Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Ayyub a.s. yang hendak diteladani.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ayyub
a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
warga sekolah sehari-hari terkait
dengan sikap teladan Nabi Ayyub a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli
a.s.
4.5
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
|
Kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
· Mengamati
isi kisah Nabi Zulkifli a.s. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Zulkifli
a.s.
· Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Zulkifli a.s. yang hendak diteladani.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Zulkifli
a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
warga sekolah sehari-hari terkait
dengan sikap teladan Nabi Zulkifli a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.18 Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
2.18 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.18 Memahami kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.6
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
|
Kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
· Mengamati
isi kisah Nabi Harun a.s. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Harun
a.s.
· Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Harun a.s. yang hendak diteladani.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Harun a.s. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Harun
a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Harun a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
warga sekolah sehari-hari terkait
dengan sikap teladan Nabi Harun a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.19 Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
2.19 Menunjukkan sikap berani dan sikap pantang
menyerah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
3.19 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
|
Kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
· Mengamati
isi kisah Nabi Musa a.s. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Musa
a.s.
· Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Musa a.s. yang hendak diteladani.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Musa a.s. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Musa
a.s. dengan perilaku warga sekolah sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Musa a.s.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
warga sekolah sehari-hari terkait
dengan sikap teladan Nabi Musa a.s.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.20 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.20 Menunjukkan sikap santun dan menghargai
teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi
dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.20 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw.
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
· Mengamati
isi kisah Nabi Muhammad saw. yang perlu diteladani
(diimplementasikan).
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad
saw.
· Mengajukan
pertanyaan tentang contoh-contohsikap Nabi Muhammad saw. yang hendak diteladani.
· Secara
kelompok kecil mendiskusikankisah keteladanan Nabi Muhammad saw. (mengidentifikasi).
·
Membuat catata hasil diskusi kelompok
tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad
saw. dengan perilaku warga sekolah
sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
warga sekolah sehari-hari terkait
dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw.
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
1.21 Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah
Swt.
2.21 Menunjukkan perilaku peduli dan rendah hati
sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo
3.21 Memahami kisah
keteladanan Wali Songo.
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo.
|
Kisah keteladanan Wali Songo
|
·
Menyimak kisah keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan
keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·
Secara berkelompok mendiskusikan perilaku
terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan Wali Songo.
·
Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan kisah keteladanan Wali Songo baik secara klasikal maupun
kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan kisah keteladanan Wali Songo secara individual atau
kelompok.
·
Menguhubungkan kisah keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah
keteladanan Wali Songo secara kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
Kepala Sekolah,
MUMU, S.Pd.
NIP:195903181982041001
|
......................., ...................................
Guru
Bidang PAI
ELVA TRIANA, S.Pd.
NIP:-
|
0 komentar:
Post a Comment