Format Silabus Edisi 04-03-2013
|
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 1 Sirnabaya
Kelas : II (DUA)
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tatangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Terbiasa
membaca basmalah setiap memulai belajar al-Qur’ān.
2.1 Menunjukkan
perilaku percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman huruf hijaiyyah bersambung.
3.1 Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
4.1 Melafalkan huruf Hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
|
Huruf hijaiyyah bersambung
|
·
Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·
Mengamati gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan huruf hijaiyyah bersambung.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang huruf hijaiyyah bersambung.
· Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik. pelafalan
huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok, maupun individual.
· Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf
dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
·
Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara individual dengan bimbingan pendidik.
·
Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan
huruf hijaiyyah
bersambung.
· Mengidentifikasi huruf hijaiyyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar.
·
Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai
makharijul huruf secara klasikal, kelompok maupun individual.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang pelafalan huruf hijaiyyah bersambung secara kelompok atau individual.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.2 Terbiasa
membaca al-Qur’āndengan tartil
2.2 Menunjukkan
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasehati sebagai
implementasi dari pemahaman makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
3.2 Memahami pesan-pesan
pokok Q.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr.
4.2.1 Melafalkan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan
jelas.
4.2.2 Menunjukkan hafalanQ.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr dengan benar dan jelas.
|
Q.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr
|
·
Mencermati pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal atau
individual.
· Menyimak pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal atau individual.
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan,
hafalan dan pesan Q.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr
· Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr?
·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara kelompok.
· Secara berpasangan
mendiskusikan tentang keterkaitan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan kehidupan sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr.
· Menghubungkan tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr dengan kehidupan sehari-hari.
·
Menirukan pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara klasikal,
kelompok maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara berulang-ulang
baik secara individual atau berkelompok.
·
Menghafal bacaan Q.S.
an-Nas
dan Q.S. al-‘Asr ayat per ayat sesuai makharijul huruf secara berulang-ulang baik secara klasikal,
kelompok maupun individual.
·
Menampilkan hafalan Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr baik secara individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr secara kelompok atau
individual.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.3 Meyakini Hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
2.3 Menunjukkan
sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman hadis yang terkait
dengan anjuran menuntut ilmu.
3.3 Memahami hadis yang
terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
4.3 Menunjukkan perilaku rajin belajar sebagai implementasi
dari pemahaman makna hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
|
Menuntut ilmu dan berani bertanya
|
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku
menuntut ilmu dan berani bertanya secara klasikal atau individual.
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani
bertanya.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan
kegiatan yang menunjukkan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Mendiskusikan perilaku menuntut ilmu dan
berani bertanya baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Mengidentifikasi perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan
berani bertanya secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku menuntut ilmu dan
berani bertanya secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.4 Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan
sehat.
2.4 Menunjukkan
perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman hadis
yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
3.4 Memahami hadis yang
terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
4.4 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadis
tentang kebersihan dan kesehatan.
|
Bersih, sehat dan peduli lingkungan
|
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku bersih, sehat
dan peduli lingkungan secara klasikal atau individual.
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli
lingkungan.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan
tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang
menunjukkan perilaku bersih dan sehat, dan peduli lingkungan!
·
Mendiskusikan perilaku bersih, sehat dan
peduli lingkungan baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·
Mengidentifikasibersih, sehat dan peduli lingkungan.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan
peduli lingkungan secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku bersih, sehat dan
peduli lingkungan secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.5 Menerima
adanya Allah Swt. Yang Maha Suci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta
2.5 Menunjukkan
perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi dari
pemahaman makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
3.5 Memahami makna Asmau al-Husna: al-Quddus,
as-Salam,
dan al-Khaliq.
4.5 Melafalkan Asmau al-Husna:
al-Quddus, as-Salam,
dan al-Khaliq.
|
al-Quddus,
as-Salam,
dan al-Khaliq
|
·
Mencermati pelafalan dan menyimak arti al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq Allah Swt. secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam
semesta ini?
·
Mendiskusikan isi gambar tentang Allah
Swt. al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
Allah Swt. itu al-Quddus,
as-Salam,
dan al-Khaliq.
· Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah Swt. itu al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq.
·
Menirukan pelafalan dan arti Asmau al-Husna:
al-Quddus, as-Salam,
dan al-Khaliq secara klasikal, kelompok, maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan Asmau al-Husna: al-Quddus,
as-Salam,
dan al-Khaliq secara berulang kali baik secara individual
atau berkelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq nya Allah Swt. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq nya Allah Swt. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.6 Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah makan.
2.6 Menunjukkan perilaku
sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna doa sebelum dan sesudah
makan.
3.6 Memahami makna doa
sebelum dan sesudah makan.
4.6 Melafalkan doa sebelum
dan sesudah makan.
|
Doa sebelum dan sesudah makan
|
·
Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah makan
secara klasikal atau individual
Mengamati gambar/tayangan yang berkaitan dengan pelafalan doa sebelum
dan sesudah makan.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang doa sebelum dan sesudah makan.
·
Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu
berdoa ketika memulai belajar? coba lafalkan doa sebelum dan sesudah makan!
·
Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar
tentang berdoa sebelum dan sesudah makan secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
berdoa sebelum dan sesudah makan.
·
Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan
sesudah makan.
·
Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah
makan secara klasikal, kelompok maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah
makan secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok.
·
Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah makan
dengan berulang-ulang yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.7 Meyakini
bahwa perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai cerminan dari iman.
2.7 Menunjukkan
perilaku kasih sayang kepada sesama.
3.7 Memahami makna perilaku kasih sayang kepada sesama.
4.7 Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama.
|
Kasih sayang kepada sesama
|
·
Menyimak penjelasan pentingnya memiliki
perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
· Melalui motivasi dari
guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kasih sayang kepada
sesama.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang kasih sayang kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama kehidupan sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
perilaku kasih sayang kepada sesama.
·
Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada
sesama secara
kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual atau kelompok.
·
Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi
perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual maupun kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.8 Meyakini bahwa sikap kerja sama dan saling
tolong menolong sebagai cerminan dari iman.
2.8 Menunjukkan
sikap kerja sama dan tolong-menolong.
3.8 Memahami sikap kerja
sama dan saling tolong menolong.
4.8 Mencontohkan sikap
kerja sama dan saling tolong menolong.
|
Kerja sama dan tolong menolong
|
·
Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kerja sama dan tolong menolong
secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh kerja sama dan tolong menolong secara klasikal atau individual.
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang kerja sama dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Mendiskusikan isi gambar tentang tolong menolong kehidupan sehari-hari.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja sama dan
tolong menolong.
·
Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kerja sama dan tolong menolong
secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerja sama dan
tolong menolong secara individual atau kelompok.
·
Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku
kerja sama dan tolong menolong secara individual maupun kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.9 Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah wudu.
2.9 Menunjukkan
perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari
pemahaman doa sebelum dan sesudah wudu.
3.9 Memahami doa sebelum
dan sesudah wudu.
4.9 Mempraktikkan wudu dan
doanya dengan tertib dan benar.
|
Doa dan tatacara wudu
|
·
Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual.
·
Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara
klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tatacara wudu dan doanya.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana
caranya berwudu yang baik?
·
Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu
dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tatacara wudu dan doanya.
· Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh
tatacara wudu dan doanya secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
contoh tatacara wudu dan doanya secara individual atau kelompok.
·
Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara wudu dan
doanya baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan
benar.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.10 Menjalankan
salat dengan tertib.
2.10 Menunjukan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman
tata cara salat dan bacaannya.
3.10 Memahami tata cara salat dan bacaannya.
4.10 Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar.
|
Salat dan tatacaranya
|
·
Menyimak tatacara salat secara klasikal atau
individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh tatacara salat
secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tatacara salat.
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana
caranya berwudu yang baik?
·
Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara salat
baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Mendiskusikan tatacara salat baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang tatacara salat.
·
Mengidentifikasi kegiatan tatacara salat.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh
tatacara salat secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
contoh tatacara salat secara individual atau kelompok.
·
Mempraktikkan/Menyimulasikan tatacara salat
baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.11 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Saleh a.s.
2.11 Menunjukkan sikap
berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Saleh a.s.
3.11 Memahami kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
4.11 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
|
Sikap berani Nabi Saleh a.s.
|
·
Menyimak
kisah keteladanan nabi Saleh a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan
Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
· Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa
penting dan sikap terpuji Nabi Saleh a.s. secara individu maupun perwakilan
kelompok .
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan
Nabi Saleh a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan Nabi Saleh a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.12 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Lut a.s.
2.12 Menunjukkan
perilakukerja kerassebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Lut a.s.
3.12 Memahami kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s
4.12 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s.
|
Disiplin Nabi Luţ a.s.
|
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Luţ a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan
Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
· Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara
klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa
penting dan sikap terpuji Nabi Luţ a.s. secara individu maupun perwakilan
kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan
Nabi Luţ a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan Nabi Luţ a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.13 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ishaq a.s.
2.13 Menunjukkan
sikap damai sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ishaq
a.s.
3.13 Memahami kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ishaq a.s.
|
Sikap damai Nabi Ishaq a.s.
|
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ishaq
a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
· Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa
penting dan sikap terpuji Nabi Ishaq a.s. secara individu maupun perwakilan
kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan
Nabi Ishaq a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.14 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
2.14 Menunjukkan
perilaku kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
Nabi Ya’qub a.s.
3.14 Memahami kisah
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4.14 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
|
Jujur Nabi Ya’qub a.s.
|
·
Menyimak
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar/tayangan contoh keteladanan
Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
· Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·
Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah
keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·
Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa
penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan
kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan
Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok.
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual atau kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
1.15 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.15 Menunjukkan
sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.15 Memahami kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.15 Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
Kisah Nabi Muhammad saw.
|
·
Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
secara klasikal maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi
Muhammad saw baik secara klasikal atau individual.
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang ketelaladanan Nabi Muhammad saw.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan
keteladanan Nabi Muhammad saw.
·
Secara berkelompok mendiskusikan perilaku
terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw.
·
Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang
keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok.
·
Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw dengan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan
Nabi Muhammad saw secara kelompok.
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengonfirmasi, menyanggah).
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
0 komentar:
Post a Comment